KKN 36 UMM, Manfaatkan Limbah Plastik, Kembangkan Ekonomi Kreatif | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


KKN 36 UMM, Manfaatkan Limbah Plastik, Kembangkan Ekonomi Kreatif

Selasa, 21 Jan 2020,

MALANG - 50 warga Campur Darat, Kabupaten Tulungagung mengikuti lokakarya pemanfaatan limbah plastik. Program yang diinisiasi bidang kewirausahaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 36 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menghadirkan CEO Hot Bottle Company, Muhammad Shaleh Saguanto sebagai pemateri.
Selama dua hari, Minggu dan Senin (19-20/1) , acara lokakarya ini dilengkapi dengan rangkaian demonstrasi pembuatan replika motor gede (Moge). Humas KKN 36 UMM, Galan Rezki Waskita mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan aparat desa yang mendukung penuh segala program yang dicanangkan.
“Aparat Desa Campur Darat sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan program lokakarya ini. Program ini juga kami maksudkan sebagai bentuk pemberdayaan lingkungan untuk mengembangkan prospek ekonomi kreatif bagi masyarakat,” ungkap Galan.  
Koordinator KKN 36 UMM, Adilla Rizki Dewanata menambahkan, lokakarya ini merupakan salah satu program unggulan. “Sebenarnya yang menjadi prioritas kami adalah pemberdayaan lingkungan, sembari kita membenahi. Ada juga prospek lain yang ternyata sejauh ini mampu kami realisasikan yaitu sampah yang dapat menjadi komoditas baru bagi ibu-ibu di desa ini. Program ini tidak akan berjalan lancar tanpa binaan Dosen Fakultas Hukum UMM, Syariful Alam,” terang wanita yang akrab disapa Adilla ini.
Pada pertemuan lokakarya tersebut, Muhammad Shaleh Saguanto sebagai pemateri memberikan penjelasan terkait enterpreneurship dan pendayagunaan sampah plastik. “Pemateri menerangkan bahwa kompensasi suatu kreatifitas tidak didasarkan pada jumlah modal materil yang dikeluarkan setiap pelaku usaha. Tak hanya materi, peserta lokakarya juga diajak untuk mendemonstrsasikan pembuatan karya daur ulang plastik. Pada akhir acara, kegiatan ditutup dengan penyerahan karya hasil lokakarya dari pemateri kepada kepala Desa Campur Darat,” tambah Adilla.
Lebih lanjut, Adilla menyampaikan harapannya program ini tak hanya berhenti karena kegiatan KKN semata. "Semoga lokakarya ini dapat berguna dan diaplikasikan oleh warga sekitar. Ke depannya juga kami ingin memberikan follow up pada warga yang tidak sempat ikut kegiatan ini. Program terus berkelanjutan. Sehingga akan terus lahir ide-ide kreatif yang dapat berpengaruh pada prospek ekonomi," tutup Adilla pada Malang Post. (ae6/adv/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Redaksi

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...