Kirab Budaya Desa Sekarpuro Berlangsung Semarak | Malang Post

Senin, 09 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 30 Sep 2019, dibaca : 1911 , udi, ira

MALANG – Meriah, begitulah kesan yang terlihat di Kirab Budaya Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Minggu (29/9). Seluruh peserta tampil all out. Menggunakan pakaian adat, mereka beratraksi di depan panggung kehormatan yang berada di depan kantor Balai Desa Sekarpuro.
Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto mengatakan, Kirab Budaya ini merupakan kegiatan yang digelar memeriahkan Grebek Suro. Kegiatan tersebut baru kali pertama digelar oleh Desa Sekarpuro. Dia pun terkesan, karena meskipun baru kali pertama, masyarakat bisa tampil apik. Lantaran itu, dia berharap kegiatan Kirab Budaya ini menjadi agenda rutin di desanya.
”Tahun lalu memang ada selamatan desa. Tapi hanya digelar di Dusun Gempol. Tahun ini kami buat lebih meriah lagi, dan melibatkan semua padukuhan di desa ini,’’ tambah Sulirmanto yang menyebutkan, di Desa Sekarpuro, ada tujuh pedukuhan.
Dalam kirab budaya, Sulirmanto tidak membatasi pakaian yang dikenakan peserta.  Tujuannya adalah peserta bisa membuat kreasi, dan tampil sebaik-baiknya. ”Pakaian kami serahkan ke peserta. Hanya catatannya pakaian harus mencerminkan adat dan budaya,’’ ungkapnya.
Pawai budaya ditambahkan Sulirmanto, seluruh peserta berjalan kaki sejauh 800 meter. Selama perjalanan, peserta juga melakukan atraksi. Peserta mendapatkan kesempatan perform di depan panggung kehormatan selama 5 menit.
Sementara itu, selamatan desa digelar sebagai wujud rasa syukur warga kepada Tuhan YME. Selamatan desa ini digelar untuk merekatkan tali silahturahmi. Harapannya melalui selamatan desa ini, warga Desa Sekarpuro semakin makmur, dijauhkan dari mara bahaya, dan selalu hidup rukun dan guyub.
Ada rangkaian kegiatan dalam Grebeg Suro ini, diantarannya pasar rakyat, kirab budaya, campursari, dan lainnya sebagainya. ”Kami mengundang kartolo dan monata. Semua ini untuk warga Sekarpuro,’’ tambah Sulirmanto.
Dia mengatakan, pada 3 Oktober 2019 mendatang, menggelar kegiatan  Sekarpuro Bersholawat.
”Puncak acaranya Minggu 6 Oktober 2019, jalan sehat. Kami mengundang Bupati Malang H M Sanusi. Jalan sehat memperebutkan hadiah utama sepeda motor,’’ tandasnya. (ira/udi)



Loading...