Kesehatan BPR Tugu Artha Diragukan Kalangan Legislatif | Malang Post

Rabu, 29 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 25 Nov 2019,

MALANG - DPRD Kota Malang meragukan kesehatan BPR Tugu Artha Sejahtera. Padahal, Pemkot Malang berencana untuk segera meluncurkan program "Brantas Bank Titil" di pertengahan Bulan Desember ini yang diinisasi BPR milik Pemkot Malang ini.
Hanya saja, legislatif mengkhawatirkan soal pengelolaan program tersebut. Hal itu berkaca pada pengalaman sebelumnya. Hal ini disampaikan anggota legislatif dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang pengambilan keputusan tentang Perda Perindustrian dan Perdagangan, Perumda Air Minum Tugu Tirta, Perseroda BPR Tugu Artha Sejahtera, Senin (25/11).
Anggota Komisi B DPRD Kota Malang Arief Wahyudi mengatakan, kekhawatirannya terhadap kondisi BPR Tugu Artha yang diketahuinya belum sepenuhnya dapat dikatakan sehat.
"Saya setuju jika BPR langsung akan memberantas bank titil, tapi tolong disehatkan dulu kondisi BPR nya. Kami sempat hearing dengan BPR kami lihat penyertaan modalnya Rp 1,5 miliar tidak maksimal. Masih ada sesuatu yang tidak beres," jelas politisi PKB ini.
Menanggapi hal ini, Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menjelaskan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan OJK dan dikatakan BPR tergolong sehat.
Hal ini berdasarkan jumlah piutang yang kian menurun. Tahun lalu sekitar Rp 2 miliar kini tinggal Rp 700 juta saja.
"Lalu pertumbuhannya bank perkreditan daerah rata rata dibawah 2 persen. BPR kita sudah diatas 2 persen hingga saat ini," jelas Sutiaji.
Ia melanjutkan, atas dasar ini pertengahan Desember 2019 ini, BPR Tugu Artha Sejahtera akan melaunching Program Berantas Bank Titil bekerjasama dengan Baznas Kota Malang.
Tujuannya untuk memberikan lebih banyak modal pinjaman pada warga Kota Malang dengan margin (keuntungan) bank yang ditekan.
"Nanti Marginnya hanya 6- 7 persen saja. Sedangkan dari Baznas akan memberi bantuan Rp 300 juta sampaiĀ  Rp 400 juta. Komitmen kami pertama adalah bagaiamana mengamankan uang rakyat dulu. Khususnya memberi peningkatan kesejahteraan bagi UMKM," tandasnya. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Sisca






WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...