Malang Post - Kerja, Kerja, Kerja, Prioritas Bangga Suka Dusun

Minggu, 05 April 2020

  Mengikuti :


Kerja, Kerja, Kerja, Prioritas Bangga Suka Dusun

Jumat, 17 Jan 2020

CAMAT Tumpang Drs. Sukarlin M.Si memprioritaskan program ‘Bangga Suka Dusun’. Sebab melalui program tersebut bisa membangun desa lebih baik lagi. Juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Bangga Suka Dusun merupakan singkatan dari Pembangunan dan Ketahanan Keluarga Menciptakan Suasana Kota dalam Nuansa Dusun. Artinya, pembangunan dimulai dari dusun,’’ katanya.
Pembangunan yang dilakukan dari tingkat dusun adalah tiga program dasar. Yaitu Kesehatan, Ekonomi dan Pendidikan. “Presiden Jokowi, pernah menyebutkan pembangunan dimulai dari tingkat desa. Kemudian ditindaklanjuti Bupati Malang. Program Bangga Suka Dusun ini merupakan bentuk atau aplikasi kami terkait program tersebut,’’ ungkapnya.
Dia berharap, melalui program tersebut kelangsungan hidup di dusun dapat tercapai dengan baik. “Melalui program ini, kami berharap akan mengurangi urbanisasi,’’ kata dia.
Sukarlin tidak menampik jika selama ini banyak warga dusun pegi ke kota untuk mencari pekerjaan. Urbanisasi ini berdampak buruk kepada masyarakat. Populasi penduduk pun lebih banyak di kota.
“Melalui program ini, masyarakat kami ajak membangun wilayahnya masih-masing. Dilakukan penataan sedimikian rupa, sehingga tidak ada warga yang ke kota untuk mencari kerja. Mereka diharapkan kerja dan betah di dusun,’’ tambahnya.
Dengan kerasannya warga di dusun maka mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Mulai dari berjualan oleh-oleh maupun bidang lainnya. “Sektor pariwisata. Dengan adanya sektor pariwisata, maka wilayah Tumpang ini akan banyak didatangi  wisatawan. Saat itulah, warga bisa berkarya,’’ ungkap Sukarlin.
Pembangunan di dusun, ditambahkan Sukarlin dengan melakukan pembangunan infrastruktur yang merata. Di antaranya jalan. Dia mengatakan, di wilayah Kecamatan Tumpang jalan antardusun telah di aspal halus, sehingga warga pun kerasan.
“Karena memang tujuan kami itu. Yaitu agar warga tidak pergi mencari kerja di kota,” ujar mantan Camat Poncokusumo ini.(ira/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Ira Ravika

  Berita Lainnya





Loading...