Kekosongan Jabatan 11 Kepsek Segera Teratasi | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 17 Okt 2019, dibaca : 2490 , vandri, kerisdianto

BUTUH PENDIDIK: Kota Batu saat ini butuh guru dan kepala sekolah untuk SD dan SMPN.   

BATU- Masalah 11 sekolah yang belum memiliki kepala sekolah (kepsek) definitif segera diatasi. 21 guru dilatih di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS). Mereka selanjutnya akan mendapat sertifikat sebagai salah satu syarat untuk menjabat kepsek. 
"Calon kepala sekolah sudah dilatih. Tapi masih menunggu hasilnya dari LP2KS. Setelah itu pasti sudah dapat terisi," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.
Eny mengatakan, saat ini memang terdapat 11 sekolah yang tak punya kepala definitif. Operasional sehari-hari 11 lembaga pendidikan itu dipimpin oleh plt kepala sekolah. 
11 sekolah yang dijabat plt kepsek terdiri dari jenjang SD dan SMP. Untuk SD yakni
SDN Sisir 5, SDN Ngaglik 4, SDN Sisir 6, SDN Songgokerto 3, SDN Bulukerto 3, SDN Tulungrejo 4, SDN Mojorejo 02, SDN Pendem 01 dan  SDN Tekung 01. Sedangkan di SMPN 4 juga merangkap SMPN 3.
Menanggapi hal tersebut, Ketua PGRI Kota Batu, Samun mengatakan saat ini ada sekitar 21 orang telah dilatih di LP2KS. Pelatihan tersebut untuk mempersiapkan para  calon kepala sekolah. 
Ia menerangkan, kekosongan jabatan kepala sekolah saat ini dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya karena usia pensiun. Selain itu kurangnya calon kepala sekolah yang belum memiliki sertifikat dari LP2KS. 
"Untuk memiliki sertifikat LP2KS harus ada beberapa persyaratan. Di antaranya masa kerja minimal lima tahun," imbuh Samun.  
Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso MM menambahkan pihaknya sudah melakukan berbagai kebijakan untuk mengatasi kekurangan guru. Salah satunya perekrutan guru maupun kepala sekolah. Mengingat setiap tahunnya ada guru atau kepala sekolah yang pensiun.
"Kami harap dengan banyaknya kepala sekolah yang dijabat Plt, Dinas Pendidikan segera mengisinya. Dari informasi terakhir yang saya dapat,  sudah ada calon kepala sekolah yang telah dilatih dan tinggal dilantik," papar Punjul. (eri/van) 
 



Kamis, 17 Okt 2019

Kompak dalam Senam Mubeng Batu

Loading...