Kegiatan Pemkot Batu di Desa Sumberbrantas, Tanam 2600 Pohon dan Resmikan Taman Sehat | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kegiatan Pemkot Batu di Desa Sumberbrantas, Tanam 2600 Pohon dan Resmikan Taman Sehat

Selasa, 21 Jan 2020,

BATU - Sebanyak 2600 bibit pohon cemara udang ditanam Pemerintah Kota Batu di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, Selasa (20/1). Penanaman dilakukan pihak Pemkot bersama berbagai elemen masyarakat Kota Batu.
Penanaman ribuan pohon jenis cemara udang berfungsi pemecah angin dan pelindung tanaman pertanian. Ini diharapkan mengurangi dampak bencana angin puting beliung yang kerap melanda  Sumberbrantas.
Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si aktif dalam penanam pohon tersebut. Dia menyampaikan, kegiatan pelestarian lingkungan bertujuan untuk menekan dampak bencana angin puting beliung, longsor, dan juga banjir. Serta menjaga daerah mata air Sumberbrantas sebagai hulu sungai yang mengaliri 17 kota/kabupaten di Jawa Timur.  
"Kegiatan ini merupakan langkah Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena pada akhir 2019 terdampak bencana puting beliung. Dengan penanaman pohon kami harap mengantisipasi bencana angin setiap tahunnya di Sumberbrantas," ujar Dewanti kepada Malang Post.
Ia mengungkapkan, pohon jenis cemara udang berfungsi memecah angin. Sehingga saat terjadi bencana angin puting beliung dampak yang ditimbulkan bisa diminimalisir.
Apalagi, lanjut dia, akibat bencana angin terbesar tahun lalu membuat tanah pertanian tergerus. Karena itu Pemkot melakukan reboisasi di daerah Sumberbrantas dan lahan-pahan pertanian gundul dengan pohon cemara kipas.
"Selain itu dengan penanaman pohon ini kami berharap juga meminimalisir bencana banjir. Serta penanaman pohon mampu menyerap dan menyimpan air agar mata air Sumberbrantas tetap terjaga," beber orang nomor satu di Kota Batu ini.
Dengan penanaman pohon tersebut, ia berharap masyarakat juga berkomitmen untuk turut menjaga dan merawat. Sehingga semua elemen masyarakat mampu menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk kelangsungan generasi mendatang.
Sementara itu Kepala DLH, Arief As Siddiq menambahkan, kegiatan tema menanam pohon mencegah bencana. Penanaman pohon merupakan antisipasi dan solusi bencana.
"Ini merupakan ide Bu Wali, harapannya dengan penanaman ini masyarakat juga sadar dan memiliki komitmen tinggi merawat lingkungannya. Dalam waktu dekat ini kami juga melakukan penanaman 2000 pohon di lereng Gunung Panderman yang gundul akibat terbakar," bebernya.
Tak hanya itu, Arief menambahkan jika pihaknya juga meresmikan Taman Sehat Sumberbrantas. Harapannya taman sehat tersebut mampu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bermain dan berolahraga, khusunya bagi anak-anak.
Ia menerangkan, banyak fasilitas yang kami berikan kepada masyarakat di Taman Sehat Sumberbrantas yang memiliki luas 2000 meter persegi. Diantaranya meliputi lapangan voli, ayunan, perosotan, terapi kesehatan kaki, hingga gazebo untuk taman baca.
"Untuk taman kami tak hanya fokuskan di Desa Sumberbrantas. Tapi tiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu. Total taman di Kota Batu saat ini ada sekitar 62 taman. Dengan rata-rata tiap desa/kelurahan memiliki dua taman sebagai ruang bermain anak-anak," terangnya.
Dalam kegiatan tanam pohon dan peresmian Taman Sehat Sumberbrantas banyak kegiatan yang digelar. Pertunjukan seni tari dan barongsai, ketrampilan membatik, musik akustik, dan penandatanganan komitmen melestarikan lingkungan.
Serta dilakukan pemberian bantuan dari Dinas Pertanian berupa saprodi pupuk kompos, greenhouse dua unit, plastik uv greenhouse kepada Gapoktan terdampak bencana angin puting beliung tahun lalu. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...