Kebut RAPBD 2020 | Malang Post

Minggu, 08 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Kamis, 03 Okt 2019, dibaca : 744 , vandri, kerisdianto

Pimpinan Dewan Langsung Tancap Gas

BATU-DPRD Kota Batu langsung prioritaskan pembahasan RAPBD 2020. Ini setelah pimpinan dewan dilantik, Kamis (3/10) kemarin.  Selain itu, para wakil rakyat ini menuntaskan 11 rancangan perda (ranperda) yang diserahi dewan periode sebelumnya. 
Agar segera membahas RAPBD 2020 dan 11 ranperda, para wakil rakyat itu kebut menuntaskan tata tertib (tatib) dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). 
Pimpinan dewan yang dilantik terdiri dari ketua dan dua wakil ketua. Yakni Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi dari PDI Perjuangan, Wakil Ketua I  Nurcohman dari PKB dan Wakil II Heli Suyanto dari Gerindra.
"Pelantikan ini tonggak awal untuk berjuang sebagai wakil rakyat. Pekerjaan yang menanti dan harus segera diselesaikan adalah RAPBD 2020," jelas Asmadi.
Targetnya lanjut dia, pembahasan RAPBD 2020 sudah harus tuntas pada 30 November mendatang. Namun sebelum kebut bahas RAPBD, dewan segera menyelesaikan tatib lalu membentuk AKD. Yakni Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Kehormatan (BK)  dan Badan Pembentukan Perda (Bapemperda). Selain itu Komisi A, Komisi B dan Komisi C. 
"Untuk tatib kami targetkan selesai pada 21 Oktober. Kemudian hasilnya akan dikirim ke Biro Hukum Provinsi Jatim untuk mendapat review, telaah dan evaluasi. Barulah pembentukan AKD," beber Asmadi.
Selain pembentukan tatib, AKD, dan RAPBD 2020,  DPRD Kota Batu juga  memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk menyelesaikan 11 ranperda yang belum tuntas. Dengan sisa waktu menutup tahun 2019 yang hanya tiga bulan, pihaknya menargetkan separo dari perda yang belum tuntas bisa diselesaikan. 
Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si berharap pimpinan dewan mampu bersinergi dengan baik dalam lima tahun kedepan untuk membangun Kota Batu lebih baik lagi. 
“Pertama saya ucapkan selamat dan terima kasih. Baik untuk Pak Asmadi dan Pak Cahyo. Serta anggota DPRD Kota Batu lama yang telah berkerja dengan baik bersama Pemkot Batu selama lima tahun ini," ujar Dewanti.   
Lebih lanjut orang nomor satu di Pemkot Batu ini berharap yang sudah terjalin baik oleh pimpinan lama bisa dilanjutkan pimpinan baru. "Lima tahun yang lalu kita sudah berkomunikasi dan sinergi dengan baik. Kami harap kedepan juga begitu," harapnya. 
Dewanti menambahkan, dalam waktu dekat Pemkot Batu dan dewan segera membahas RAPBD 2020. Pihaknya optimis bulan November RAPBD bisa selesai. 
"Dalam waktu dekat kami kami akan membahas RAPBD 2020. Kami berharap bersama dewan terpilih bisa langsung klik dan dalam waktu dua bulan bisa segera diselesaikan tanpa hambatan," tegas Dewanti. (eri/van)



Loading...