Kebakaran Hutan dan Lahan di Gunung Kawi Meluas | Malang Post

Jumat, 15 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 21 Okt 2019, dibaca : 2694 , mp, net

MALANG - Hutan dan lahan yang berada di Gunung Kawi, Kabupaten Malang, terbakar, pada Minggu (20/10/2019). Kebakaran ini meluas hingga memasuki area Gunung Kawi di kawasan Blitar pada malam sekitar pukul 20.00 Wib.

Untuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Kawi meluas hingga Blitar terjadi di petak 13 dan petak 38.
"Perlu kami sampaikan, di wilayah teritori Perhutani, titik api ada di petak 13 resort Pemangkuan Hutan Tembalang , dan petak 38 masuk resort Pemangkuan Hutan Ampel Gading. Itu sudah masuk wilayah Blitar," kata Bambang Ribudiono, Asisten Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Wlingi.
Petugas gabungan dari Perhutani KPH Blitar, Kepolisian, BPBD, dan anggota pemadam kebakaran berjaga dan bermalam di puncak kebun teh Sirah Kencong untuk memastikan api tidak menjalar hingga masuk ke area perkebunan.

Baca Juga : Badai Terjang Kota Batu, 1 Meninggal 1216 Warga Tiga Desa Mengungsi


Bambang belum bisa melaporkan seberapa luas lokasi yang terdampak kebakaran. Angin dengan kecepatan tinggi ditambah kepulan asap membuat petugas kesulitan memantau lokasi kebakaran.
"Karena kondisinya malam jadi kami pertimbangkan keselamatan petugas. Beberapa pohon juga tumbang karena angin," ujar Bambang.

Baca Juga : Cafe Sawah Pujon Kidul terbakar
Saat tim mendekat ke titik kebakaran, juga kesulitan karena medan yang cukup terjal. Selain itu, saat berhasil mendekat, api sudah menjalar dan kepulan asap begitu pekat sering kali menyesakkan pernapasan.
Tim Karhurla saat kembali ke puncak Sirah Kencong, kembali melakukan pemantauan. Para pendaki yang berada diatas juga sudah turun.
Belum ada pengumuman resmi apakah jalur pendakian maupun lokasi wisata Kebun Teh Sirah Kencong ditutup sementara.
"Tadi ada sepuluh pendaki dan semuanya sudah turun. Untuk sebaran luas lahan nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," pungkas Bambang.
"Bersama tim Karhutla, kami terus melakukan upaya pencegahan agar api tidak masuk ke area perkebunan walaupun jaraknya cukup dekat. Di Perbatasan Malang-Blitar, apinya cukup jelas dan melebar. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Sodik Effendi, Senin (21/10/2019). (Jtn/mp)

LIHAT VIDEONYA DISINI



Kamis, 14 Nov 2019

Mugiono: Saya Ini Dijebak

Kamis, 14 Nov 2019

Temukan Passionmu

Loading...