Malang Post - Kampung Bunga Didukung Plt Bupati Malang

Sabtu, 04 April 2020

  Mengikuti :


Kampung Bunga Didukung Plt Bupati Malang

Selasa, 27 Agu 2019

MALANG - Plt Bupati Malang Sanusi M.M meresmikan Kampung Bunga Binaan Universitas Merdeka (Unmer) Malang yang terletak di Desa Jambangan Dusun Grangsil Kabupaten Malang. Peresmian dilakukan dalam  acara Gerakan Membangun Desa (Gema), Selasa (27/8).
Kedatangan Plt Bupati Sanusi bertujuan untuk meninjau pembangunan desa sekaligus meresmikan kampung bunga yang selama ini dibina Unmer Malang. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan disambut warga dan tarian daerah oleh mahasiswa Unmer Malang. Menurut Sanusi, kampung bunga ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat sebagai desa Ekowisata. Sehingga Pemkab Malang bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Malang. Utamanya, untuk peningkatan kualitas di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.
“Pembangunan infrastruktur salah satu penunjang kampung bunga ini untuk menjadi tempat wisata yang bagus dan daya tarik tersendiri, selain itu diharapkan masyarakat juga harus terus berinovasi dalam memajukan desa yang unggul,” ungkap Sanusi kepada Malang Post.
Senada dengan hal itu, Wakil Rektor 1 Unmer Malang Prof. Ir. H Respati Wikantiyoso, MSA., Ph.D menyampaikan, sesuai pada temanya “Unmer Malang Membangun Desa” yakni Desa Grangsil menjadi salah satu tempat pengabdian kemitraan untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat desa.
“Program pengabdian ini sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu, dan saat ini sudah mulai berkembang menjadi Kampung Bunga. Pada awalnya kami melihat bahwa ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat pariwisata, namun kurangnya inovasi sehingga dibina Unmer Malang,” ujar Wakil Rektor Satu yang akrab Respati.
Ia menambahkan, dalam rencana kerja timnya, kampung bunga akan dikembangkan melalui berbagai destinasi serta menambah jenis bunga baru,dan spot-spot foto. Upaya ini dirintis bersama warga sebagai tambahan daya tarik wisata, dan menjadikan desa yang unggul dan maju.
“Tentu pembangunan desa Grangsil hingga menjadi Kampung Bunga tidaklah mudah, kami memerlukan strategi, kerjasama dan kesepahaman yang positif dengan warga sekitar untuk menjadikan desa ini bermanfaat dari berbagai sektor khususnya untuk warga sendiri,” lanjutnya.
Selain itu, Unmer Malang juga telah membangun rumah hijau atau "green house" untuk pengembangan hidroponik yang merupakan program sistem bertani di lahan sempit (sitalas). Green house sendiri dibangun didekat kampung bunga.
"Rumah hijau hidroponik saat ini dikelola oleh kelompok tani hidroponik yang menanam berbagai jenis sayuran dan ikan dan juga dikelola oleh Pokdarwis sebagai pengelola pariwisata,” kata Ir. Heri Budiyanto, MSA., Ph.D sebagai pembinanya.
Lebih lanjut, pengembangan kampung bunga ini diharapkan menjadi destinasi wisata yang bisa mandiri dan berkelanjutan, sehingga nantinya masyarakat dapat mengelola dan mengoptimalkan dalam pengembangan terutama dalam sektor pariwisata. (mp4/adv/oci)

Editor : Rosida
Penulis : ian

  Berita Lainnya





Loading...