Kader Lingkungan Sensus Jumlah Pohon | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Kader Lingkungan Sensus Jumlah Pohon

Kamis, 02 Jan 2020,

MALANG - Sebagai kota yang dipadati dengan jumlah penduduk yang besar, Kota Malang  membutuhkan pepohonan dan tumbuhan hijau yang cukup. Untuk memasok kebutuhan oksigen bagi segenap masyarakat.
“Sedemikian konsisten dengan kepedulian lingkungan, para kader lingkungan ini melihat bagaimana melihat sejengkal tanah yang masih bisa ditanami,” kata Sekretaris Daerah Kota Malang sekaligus pendiri Kader Lingkungan Kota Malang, Wasto.
Kebetulan, kader lingkungan Kota Malang baru saja mendapat sumbangan bibit pohon dari sejumlah donatur. Jumlahnya mencapai ribuan. Terdiri dari berbagai bibit pohon mahoni dan bibit pohon buah-buahan.
“Sebagian ditanam di Taman Gayam Bareng, juga ada yang ditanam pada setiap jengkal tanah yang tersisa pada lahan disekitar tempat tinggal kader lingkungan,” sambungnya.
Hal tersebut sangat penting, sebab sejatinya pohon tidak hanya berfungsi memberikan pasokan oksigen pada lingkungan sekitarnya, namun juga sekaligus sebagai resapan air dan perlindungan tanah. Sehingga masyarakat Kota Malang bisa terhindar dari bencana banjir dan longsor.
“Idealnya jumlah pohon di Kota Malang itu separuh dari total jumlah penduduknya. Jadi satu orang itu minimal menanam dua pohon,” ujar dia.
Saat ini jumlah masyarakat Kota Malang mencapai 907 ribu penduduk, kemudian ditambah dengan masyarakat pendatang yang jumlahnya mencapai 300-an ribu. Jika melihat dari jumlah tersebut maka idealnya jumlah pohon di Kota Malang setidaknya harus mencapai 650 ribu pohon.
Sementara itu, disebutkannya bahwa kader lingkungan sedang mempersiapkan untuk melakukan sensus pohon di Kota Malang. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kecukupan jumlah pohon yang terdapat di Kota Malang.
“Cukup menggelitik memang, tapi mereka sedang mempersiapkan diri untuk melakukan sensus pohon yang ada di Malang,” ungkapnya.
Menurutnya, sensus pohon sendiri penting untuk dilakukan mengingat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hijau masih belum terlalu bagus. Apalagi Kota Malang juga sudah memasuki masa penghujan, yang mana sangat rentan akan terjadinya bencana.(asa/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Inasa

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...