Malang Post - Jelang Kongres PAN 2020, Amien Rais Disarankan Jadi Penengah

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


Jelang Kongres PAN 2020, Amien Rais Disarankan Jadi Penengah

Minggu, 19 Jan 2020

JAKARTA - ?Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tidak perlu melibatkan dirinya terlalu jauh dalam pemilihan Ketua Umum PAN.  
Menurut Adi, Amien Rais perlu posisikan dirinya sebagai ‘pelatih’ yang menjadi penengah di hajatan pemilihan ketua umum PAN pada Februari 2020 mendatang. “Cukup Pak Amien diposisikan sebagai ‘pelatih’ bukan lagi diajak sebagai pemain,” ujar Adi kepada wartawan, Sabtu (18/1).
Adi mengatakan, sosok Amien Rais bukan calon ketua umum PAN, sehingga tidak relevan jika harus dihadap-hadapkan dengan Zulkifli Hasan. Para kader harus memosisikan Amien Rais sebagai ketua dewan kehormatan yang mengayomi semua.
“Amien Rais harus diposisikan sebagai tokoh yang mengayomi semua kandidat,” ungkapnya.
Adi menduga ada pihak yang ingin mendompleng nama besar Amien Rais. Ada pihak yang tidak ingin Zulkifli Hasan ikut serta dalam pemilihan ketua umum PAN tersebut. Sehingga mencari cara untuk memengaruhi suara pemilih dengan cara mendekati Amien Rais.
?”Sepertinya ada yang mau mendompleng nama besar Amien Rais untuk melawan Zulkifli sang petahana yang sejauh ini cukup kuat didukung DPW dan DPD,” ungkapnya.
Selain itu, menurut Adi mengenai kepemimpinan Zulkifli Hasan di PAN, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini mengganggap cukup sukses. Karena ?perolehan suara PAN pada Pemilu 2019 kemarin cenderung stabil.
“Bahkan relatif sukses karena PAN tak turun dan mampu mendapatkan kursi di DPRD yang selama ini PAN tak ada wakilnya,” tuturnya.
Sekadar informasi, PAN akan menyelenggarakan kongres pada Februari 2020 mendatang. Saat ini sudah ada enam kader PAN yang siap menjadi ketua umum. Mereka adalah mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN-RB) Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN DPR Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo, serta Ketua Umum PAN saat ini Zulkifli Hasan.?? (jpg/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : jpg

  Berita Lainnya





Loading...