Jatuh Cinta Seni Tradisional | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 08 Nov 2019, dibaca : 324 , aim, kris

Tak pernah disangka sebelumnya oleh gadis cantik asal Kota Batu, Esta Pradina, kegiatan ekstra kurikuler disekolah yang dikutinya, yakni seni tari dapat menuai banyak prestasi.
"Jadi awal terjun di bidang seni tari saat itu masih kelas VII SMP. Waktu itu sebenernya iseng aja sih ikut ekstrakulikuler tari tradisional," ujar gadis yang akrab disapa oleh Esta kepada Malang Post.

   Baca juga :

Merevitalisasi Radikalisme dan Krisis Kemanusiaan

Ingin Sukses, Jangan Takut Gagal

Bangga Layani Warga

 

Dengan berjalannya waktu, menurutnya, ada seleksi pekan Seni Pelajar. Melalui ajang itu, ia terpilih dan mendapatkan juara 1 di tingkat kota. Hasil itu menghantarkannya ke tingkat provinsi.
"Tapi sayangnya di tingkat provinsi tidak dapat juara. Namun mulai dari itu, saya mulai memiliki ketertarikan di bidang seni tari dan mulai mengembangkan potensi di bidang seni tari ini hingga sekarang," beber siswi kelas XII MIPA SMAN 01 Batu ini.
Disamping keisengannya, Esta banyak belajar dan mulai sadar bahwa melestarikan kesenian tari tradisional atau budaya lokal sangat penting. Mengingat saat ini budaya lokal mulai luntur dengan perkembangan zaman.
"Dari situ saya ingin membuktikan bahwa tari tradisional itu tidak kalah keren dari seni modern lainnya," imbuh gadis yang baru saja juara 1 lomba tari remo Komsos Kreatif Kodim 0818 bersam teman satu sekolahnya itu.
Disamping kesenian tari tradisonal, Esta tidak menutup diri untuk mencoba menelusuri bidang bidang seni lainnya, seperti tari modern dan juga seni musik. Ia mencoba melestarikan budaya lokal juga bukan berarti perempuan kelahiran Batu, 06 Juli 2002 kolot dengan budaya lainnya.
"Dengan belajar berbagai jenis bidang seni tersebut. Saya juga berharap nantinya dapat menghasilkan karya baru, seperti karya tari kontemporer yang mengandung unsur tradisional sekaligus modern dengan harapan bisa menjadi sebuah apresiasi yang baru," tandasnya. (eri/aim)



Senin, 11 Nov 2019

Rahasia Tampil Percaya Diri

Loading...