Jasa Pembuatan SIM Resmi Kepolisian | Malang POST

Jumat, 21 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 27 Jan 2020,

MALANG - Belakangan ini, d media sosial beredar informasi yang menyebutkan terkait jasa pembuatan SIM resmi dari Kepolisian RI. Dalam postingan tersebut, juga disertakan daftar harga dan nomor telepon atas nama Aipda Suhardi.
Isi postingan tersebut kurang lebih seperti ini. "Terima jasa pembuatan SIM, asli resmi dari kepolisian. Proses hanya satu hari. Bagi yang di luar pulau Jawa, dua hari sudah bisa diterima. Untuk SIM C Rp 400 ribu, SIM A Rp 600 ribu, SIM B1 Umum Rp 950 ribu dan SIM B2 Umum Rp 1,2 juta. Bagi yang berminat, hubungi Aipda Suhardi 0858250783xx,"
Postingan tersebut tentunya menimbulkan keresahan masyarakat. Namun, setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar alias hoax.

Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, postingan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Informasi dalam postingan itu tidak benar alias hoax," kata dia.
Pada kesempatan tersebut, ia menguraikan bahwa biaya administrasi pembuatan SIM tidak berubah, sesuai dengan peraturan yang ada. Begitu juga dengan persyaratannya. "Biaya administrasi pembuatan SIM sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 34 Tahun 2004 tentang Tarif dan Jenis PNBP," papar dia.
Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah percata terhadap postingan yang belum tentu benar. "Sebaiknya klarifikasi terlebih dahulu, bagaimana kebenarannya. Jangan mudah percaya. Serta, jangan ikut menyebarkan, agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat," tandas dia. (tea/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Amanda Egatya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...