Jalur Baru Sawojajar-Muharto Mulai Digarap | Malang Post

Senin, 09 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 27 Sep 2019, dibaca : 2796 , aim, sisca

MALANG - Kawasan Sawojajar sebentar lagi akan memiliki jalur alternatif menuju Muharto. Pembukaan jalur alternatif dari pertigaan Sawojajar itu sudah mulai dibuka. Jalur yang dibuka sudah terlihat di samping ATM BNI Drive Thru pertigaan Sawojajar dan Ranugrati.
Lahan ini sudah dibuka memanjang kurang lebih 30 meter. Pembangunan jalan baru ini dibenarkan Sekda Kota Malang Drs Wasto saat dikonfirmasi. Ia mengatakan, wilayah Jalan Dirgantara hingga Jalan Muharto Kota Malang menjadi salah satu prioritas pengembangan jaringan jalan baru. Soal pembebasan lahan, telah dikaji dinas terkait.
"Untuk lahan yang akan dibebaskan, kami masih menunggu laporan dari DPUPR. Pemerintah di sini tetap memperhatikan sesuai peraturan yang ada, meskipun dalam pemebebasan pasti akan ada pengukuran, bahkan permintaan dari warga untuk harganya," kata Wasto.
Menurutnya, saat ini prosesnya menginventarisir serta melakukan pendalaman terkait luas bidang pemanfaatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan perencanaan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dengan adanya jalan baru ini, ia berharap kepadatan arus lalu lintas bisa terurai. Dan jalan baru ini menjadi alternatif guna mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Malang, utamanya di kawasan timur Kota Malang.
“Kawasan Sawojajar memang sangat padat dan sering menimbulkan kemacetan,” tegasnya.
Salah seorang warga kawasan Jalan Muharto Gg V, Yanto, menjelaskan, pembangunan jalan baru menembus Muharto dari Dirgantara akan sangat memudahkan dirinya. Karena tentunya kemacetan kawasan di dua arah ini akan berkurang.
Ia ingin pembangunan jalan baru ini segera terselesaikan. Jika tidak, bukannya mengurangi nanti akan menambahi kepadatan karena proyek tidak segera selesai.
“Harapannya biar cepat selesai saja. Karena nanti kalau lihat ada pekerjaan di kawasan ini, bisa jadi ada kepadatan arus karena banyak kendaraan berat masuk dan sebagainya,” pungkasnya. (ica/aim)



Loading...