Jadikan Madrasah Unggul dengan *Geramm* | Malang Post

Kamis, 05 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Rabu, 02 Okt 2019, dibaca : 903 , rosida, imam

MALANG - Kepala Kankemenag Kota Malang,  Dr. H. Muchtar Hazawawi, M.Ag, meresmikan Gerakan Ayo Membangun Madrasah (geramm). Selasa (1/10), bertepatan pada Hari Kesaktian Pancasila, Geramm dilaunching sebagai satu terobosan baru Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa timur untuk menjadikan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unggul berprestasi, hebat bermartabat.
Bertempat di lapangan MAN 2 Kota Malang, launching Geramm dilakukan dengan pelepasan balon oleh Kankemenag bersama Kasi Pendidikan Madrasah, Kasubag TU dan para kepala madrasah. Acara tersebut disaksikan oleh ratusan siswa madrasah serta ratusan guru dan seluruh ASN di lingkungan Kemenag Kota Malang.
"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, program Gerakan Ayo membangun madrasah resmi saya buka," ucap Muchtar seraya melepas balon.
Geramm sebagai satu upaya untuk menjadikan madrasah semakin unggul dan mendapat tempat istimewa di hati masyarakat. Terutama di Kota Malang.
Muchtar mengungkapkan, sampai saat ini madrasah di Kota Malang tetap menjadi kebanggaan dengan berbagai prestasinya, baik prestasi Nasional maupun internasional.
"Itu sudah dibuktikan oleh anak-anak kita, madrasah di Kota Malang tetap unggul dengan kualitasnya di berbagai bidang," katanya kepada Malang Post.
Mutu pendidikan yang dibangun melalui program Geramm, tidak hanya meningkatkan satu bidang saja. Melainkan segala unsur pada objek pendidikan. Baik afektif, kognitif maupun psikomotorik, yang semuanya dikawal dari jajaran madrasah. "Dari program yang dijalankan madrasah kami berharap dapat mengangkat harkat martabat Indonesia dalam konteks seluas-luasnya," kata dia.
Kepala MTs Negeri 1 Kota Malang, Drs. H. Samsudin, M.Pd, secara umum madrasah yang dipimpinnya selama ini berorientasi pada perkembangan dan kemajuan madrasah di berbagai bidang. Hanya saja dengan adanya Geramm, ada beberapa yang perlu dispesifikasi agar lebih terarah. "Seperti literasi, dan ada program lain dengan kelompok kerja sesuai dengan materi yang ditetapkan dalam geramm," ujarnya.
Ia mengungkapkan, target dari Geramm itu sendiri yaitu untuk meningkatkan prestasi madrasah, dengan semakin memperbaiki sistem pembelajaran.
"Intinya untuk semakin memperkuat madrasah. Dengan siswa yang semakin berprestasi dan guru yang semakin berkualitas," tuturnya.
Sementara itu, program Geramm yang pada nantinya diterapkan lebih spesifik membuat masing-masing madrasah memetakan program apa saja yang perlu penguatan lebih dulu. Misalnya di MAN 2 Kota Malang, yang nantinya akan menekankan pada aspek kebersihan, kesehatan dan ketertiban.
“Karena dengan sehat maka semangat belajar anak meningkat dan tentunya akan semakin mudah meraih prestasi," ujar Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd., selaku Kepala MAN 2 Kota Malang. (imm/oci)



Kamis, 05 Des 2019

Ilmu Lebih Penting Dari Gaji

Loading...