Its Me... Your Support System - Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 15 Okt 2019, dibaca : 720 , rosida, Gevzi

Ketika kamu merasa stuck dan feel alone, sebenarnya obatnya gak susah kok. Ask for help, carilah teman yang bisa membantumu keluar dari masalah itu. Everyone needs a team of supporters. And so do you.
Manusia sebagai mahluk sosial, pasti memerlukan manusia yang lain. Untuk menjalani hidup di muka bumi ini. Lalu tiap-tiap dari manusia punya lingkaran sosial sendiri, demi menunjang kehidupan yang dijalani. Mereka tak lain adalah inner circle kita selama ini, atau biasanya lebih dikenal dengan support system. Iyaps! Keberadaan supporting system sangat diperlukan ketika beranjak dewasa. Karena di rentang usia seperti itu, bakal menemui berbagai macam permasalahan. Enggak banget deh, jangan sampai kita merasakan kesepian ketika dedang dilanda masalah.
Seperti yang diungkapkan oleh Avri Ramadhani, Genzier asal Universitas Brawijaya ini. Mengaku sangat terbantu dengan adanya support system yang dimilikinya.
“Menurut saya pribadi supporting system itu sangat diperlukan setiap orang, karena manusia kan juga makhluk sosial jadi tidak bisa hidup secara individu, sehingga perlu ada yang bisa membantu dan mendukung setiap kegiatan kita sehari-hari. Setiap individu juga memiliki batasan kemampuannya dalam hal apapun, maka peran supporting system ini sebagai pelengkap dari keterbatasan dan kekurangan kita tersebut,” jelasnya.
Avri sendiri mengaku membagi dua bagian dalam menilai adanya support system dalam hidupnya. Antara lain internal dan eksternal. Internal adalah mereka yang paling dekat dengan kita sejak masih kecil hingga saat ini. Seperti orang tua, sanak dan saudara. Sedangkan eksternal seperti sahabat, teman dekat/pacar hmm, komunitas atau organisasi yang memiliki kedekatan sama dengan kita. Dirinya juga menambahkan menjadi mahasiswa yang berjuang di perantauan, perlu second family untuk menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks.
“Pengalaman yang begitu terasa adalah ketika masa perkuliahan di perantauan ini, ketika merasa beban tugas dan tanggung jawab dalam ranah akademik maupun non akademik, membuat saya hampir menyerah dan berusaha menghindar. Saya memutuskan sharing dengan sahabat saya yang sudah berpengalaman, berkat nasehat-nasehat dan support dari mereka saya sadar bahwa di perantauan ini masih ada yang membantu dan mendengarkan setiap permasalahan yang saya hadapi,” tambahnya.
Lalu ada Genzier asal SMAN 9 Malang, Ekaning Agustia. Ia merasa benar-benar memerlukan keberadaan support system dalam hidupnya. Karena bisa menjadi sumber penyemangat ‘to give me a fiht way again’ dari kondisi terpuruk. Dirinya juga bercerita, bahwa pernah menghadapi masalah yang bisa dikatakan besar, ketika akan menghadapi ujian nasional ketika SMP dulu. Sehingga ia merasa down. Seolah-olah apa yang ia lakukan serba salah, dan nggak tahu harus bagaimana lagi. Namun dengan keberadaan orang-orang terdekatnya, ia bisa bangkit untuk menjalani tantangan yang ada.
“Jadi menurut saya, adanya support system dalam hidup itu sangat berarti. Support itu penting untuk memotivasi kita terlebih saat menghadapi suatu masalah, support bisa datang dari orang terdekat kita seperti keluarga, pacar dan sahabat,” jelasnya.
Sama halnya dengan Lily Kandi, Genzier asal SMAN 1 Singosari ini juga perlu adanya support system. Karena orang terdekatnya yang paling mengerti dirinya. Sepertihalnya yang dilakukan oleh keluarga dan sahabat-sahabatnya.
“Karena menurutku tanpa disadari kita bakal selalu butuh support system untuk apa-apa yang akan kita lakukan, mungkin nggak begitu terlihat tapi itu yang ngejadiin kita lebih semangat buat ngejalani hal besar di hidup kita,” pungkasnya.
Memang, beberapa orang bisa dikatakan beruntung memiliki dukungan yang solid dari supporting system yang dimiliki. Bila kalian merasa kesepian, cobalah instropeksi diri, dengan lebih memuka diri kepada orang di sekitar kita. Percayalah kamu nggak sendiri kok. Serta selalu jaga dengan baik keberadaan supporting system yang dimiliki, juga tingkatkan hubunganmu dengan orang-orang yang kamu inginkan dan yang menginginkan keberadaanmu juga dalam menjalani kehidupan.
Intinya, support system kita akan semakin kokoh seiring dengan semakin baiknya hubungan yang terjalin. Yang paling penting, jangan lupa katakan pada mereka, terimakasih untuk support yang hebat ini. (*/oci)



Loading...