ITN Malang Kejar Peringkat 50 Besar Nasional | Malang Post

Rabu, 11 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 1109 , rosida, asa

MALANG - Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil menduduki peringkat teratas Institut Teknologi swasta terbaik se- Indonesia. Informasi ini berdasar pada pemeringkatan yang dirilis oleh Kemristek Dikti pertengahan bulan Agustus lalu. Peringkat ITN secara umum sebagai perguruan tinggi juga meningkat pesat dari tahun sebelumnya.
"Capaian dalam pemeringkatan perguruan tinggi, tahun lalu peringkatnya 79. Sekarang posisi 56, ada beberapa hal yang untuk mempertahankan antara lain tentang kerja sama yang diiringi dengan berbagai aktifitasnya. Harapan ke depan, peringkatnya jadi lebih baik lagi," kata Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, M.T
Menurut Kustamar, kerjasama ITN dengan berbagai pihak baik skala nasional maupun internasional memberikan poin besar terhadap peningkatan kualitas akademik yang tentu berpengaruh langsung pada peningkatan posisi peringkat ITN secara nasional.
"Beberapa poin yang membuat peringkat ITN naik pesat dari sisi kerjasama kita harus lebih tingkatkan lagi sehingga memberikan dampak positif terhadap iklim akademik ITN," tandasnya ketika ditemui usai meresmikan Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut, Wakil Rektor I Bidang Kurikulum ITN Malang Dr. Fransiskus Yudi Limpraptono, ST. MT menyampaikan bahwa bidang penelitian menjadi salah satu faktor utama dalam peningkatan peringkat ITN Malang hingga masuk dalam kategori perguruan tinggi klaster dua, serta menjadi institut teknologi paling unggul.
"Untuk akademik, pertama kinerja LPPM untuk mengawal kegiatan penelitian dan pengabdian sangat baik. Kemudian yang kedua perolehan akreditasi A pada tiga prodi di ITN Malang yaitu S1 Teknik Elektro , S1 Teknik Mesin, dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)," kata pria yang akrab disapa Yudi ini.
Menurut Yudi, selain itu, faktor lainnya yakni publikasi internasional yang semakin tinggi di kalangan akademisi ITN Malang. Kemudian masih ditambah dengan publikasi nasional dan juga hak paten dari sejumlah karya akademisi ITN juga makin meningkat.
Selain itu, Yudi juga menambahkan bahwa meningkatnya peringkat ITN oleh Kemristek Dikti seiring dengan persiapan matang yang sudah dilakukan sejak lama oleh berbagai elemen di ITN. Namun demikian, masih terdapat sejumlah poin yang harus terus dikejar kualitasnya. Sehingga dapat terus membawa ITN semakin baik di masa yang akan datang.
"Tetap menjaga kinerja LPPM ITN Malang dalam menghasilkan penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi dan paten. Input dan outcome sudah lebih dari rata-rata klaster dua, tapi untuk proses dan output msh dibawah rata-rata. Tapi mulai saat ini kita sudah mulai menyusun strategi baru. Mudah-mudahan bisa masuk 50 besar," pungkasnya. (asa/oci)



Loading...