Implementasikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari | Malang Post

Selasa, 12 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 24 Sep 2019, dibaca : 756 , mp, nug

MALANG -  Dasar negara Pancasila hendaknya   tidak hanya dihafalkan dan dijadikan teori saja oleh generasi muda,  termasuk para pelajar dan mahasiswa. Tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Demikian ditegaskan Ketua Pengurus Cabang (PC)  1333 KB FKPPI  (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri) Kota Malang  Ir.H.Sofyan Edi Jarwoko dalam Sarasehan ‘’Pancasila Sumber Inspirasi untuk Mendorong Generasi Muda Terus Berinovassi’’  diselenggarakan PC 1333 KB FKPPI Kota Malang dan PC 1333 GM FKPPI Kota Malang di Gedung DPRD Kota Malang, Minggu (22/9).
Bung Sofyan,sapaan akrabnya,menambahkan generasi muda harus terus mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dapat dimulai  dari  keluarga, tetangga dekat, sekolah, kampus , masyarakat komunitas dan akhirnya pada masyarakat  luas. ‘’Sebagai dasar negara yang sudah final, kita  juga harus selalu menjadikan  Pancasila sebagai panutan bagi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan negara,’’ seru wakil Wali Kota Malang ini.
Ketua  PD XIII KB FKPPI Jatim   Drs. H. Gatot Sujito, M.Sc.  merespon positif kegiatan PC 1333 KB FKPPI Kota Malang menggelar sarasehan dihadiri Forkopimda Kota Malang dan diikuti ratusan peserta dari perwakilan OSIS, BEM perguruan tinggi, organisasi  kepemudaan,organisasi kemasyarakatan dan lain-lain ini. ‘’Kegiatan PC 1333 KB FKPPI Kota Malang  sangat bagus dan beragam.Mulai  dari konsolidasi intern hingga memberikan kecerdasan pada para muda melalui kegiatan  yang bermanfaat seperti sarasehan ini,’’ tegasnya.
Gatot Sujito menyatakan bahwa  mengamalkan Pancasila dalam sendi kehidupan memang sangat penting untuk  terus disosialisasikan dalam kegiatan sekolah maupun kampus. Anggota DPR RI ini  mengajak organisasi pemuda,OSIS,BEM  perguruan tinggi  dan berbagai pihak  terus mendiskusikan  Pancasila sebagai  pandangan hidup bangsa.
Pembicara Prof Hariyono dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menegaskan, mengembangkan dan mengamalkan  Pancasila sesuai kebutuhan dan kebutuhan zaman merupakan tanggungjawab semua. Pembicara lainnya, Rektor Universitas Ma Chung Prof Murpin J.Sembiring.M.Si  menekankan generasi muda  harus terlibat  aktif mengembangkan  karakter positif bangsa sesuai perkembangan zaman. (nug/red)



Loading...