MalangPost - IKM Poltekkes Soepraoen Bagikan Ratusan Masker

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

IKM Poltekkes Soepraoen Bagikan Ratusan Masker

Jumat, 17 Apr 2020, Dibaca : 4326 Kali

MALANG - Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Poltekkes RS dr. Soepraoen mengadakan kegiatan pembagian 400 masker gratis kepada masyarakat. Gerakan peduli sesama di tengah pandemi Covid-19 tersebut sebagai bentuk perhatian Poltekkes RS dr. Soepraoen kepada masyarakat untuk dapat melindungi diri dari wabah virus itu.


Pembina IKM Dian Pitaloka P.M.Kep mengatakan, dana diperoleh dari donasi pengurus IKM Poltekkes Soepraoen Malang yang dihimpun mulai awal April lalu.

"Kegiatan ini sebagai wujud kebersamaan kami dari kalangan sivitas akademika serta perhatian kami kepada masyarakat sekitar kampus," ujarnya kepada Malang Post. 

 
Ratusan masker dibagikan secara gratis di beberapa titik dekat area kampus, mulai di depan kampus Poltekkes Jalan Supriyadi, Pasar Sukun, Pasar Kasin, Pertigaan Janti dan perempatan kasin. Sasarannya yaitu sopir angkot, tukang becak, ojek online dan masyarakat umum.
Dian menerangkan, pembagian masker melibatkan beberapa mahasiswa. Aksi tersebut dilakukan selain mendukung aturan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona juga sebagai bentuk gotong royong dan saling melindungi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. "Kami juga ingin membantu warga khususnya yang kurang mampu dalam pengadaan masker," terangnya.


Mengingat besarnya manfaat akan bantuan dari kalangan akademisi serta gotong royong masyarakat dalam membasmi covid-19, Poltekkes RS dr. Soepraoen berencana kembali menggalang donasi untuk pembelian alat pelindung diri (APD) dan keperluan lainnya. Donasi yang terkumpul selanjutnya akan disumbangkan ke Rumah sakit rujukan Covid-19 area kota Malang.
Dian mengungkapkan untuk gelombang kedua penggalangan donasi akan melibatkan sivitas akademika serta alumni. "Kami yakin untuk gelombang kedua nanti akan lebih banyak lagi dana yang terkumpul. Karena kami melibatkan alumni. Hingga hari ini , sudah ada dana yang masuk," ungkapnya.


Bantuan berupa APD rencananya akan disalurkan ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan, seperti RSSA, RS dr. Soepraoen dan beberapa Puskesmas. Selain APD bantuan tersebut juga berupa hand sanitizer. "Kalau sudah siap semua, Senin (20/4)  akan langsung kami distribusikan," tandasnya. (imm/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi