Hujan Lebat, Jalan Raya Oro-Oro Ombo Banjir Lumpur | Malang POST

Senin, 24 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Hujan Lebat, Jalan Raya Oro-Oro Ombo Banjir Lumpur

Jumat, 14 Feb 2020,

BATU - Hujan deras membuat Jalan Raya Oro-Oro Ombo Kota Batu mengalami banjir lumpur. Itu karena sungai dekat jalan raya menuju Tlekung meluap. Akibatnya material batu dan sampah itu membuat jalan alternatif itu tergenang sehingga membahayakan pengendara.
Kasi Logistik dan Penanggulangan Bencana, BPBD Kota Batu, A Choirur Rochim mengatakan, personil BPBD langsung terjun ke lokasi. Mereka bersama dengan anggota Polres Batu dan warga langsung melakukan pembersihan. Hasil kaji cepat petugas, banjir karena hujan deras menyebabkan sedimentasi sungai sehingga air meluap sampai ke jalan raya dan merusak ladang warga.
"Sungai tak cukup menampung air. Belum lagi sampah dan material lainnya yang menyebabkan aliran sungai tertutup dan membuat air meluber ke jalan," ujar Rochim kepada Malang Post .

   Baca juga : Longsor, Akses Dua Desa Terputus


Ia menerangkan lebih lanjut, pihaknya langsung melakukan pembersihan sungai dari sampah dan kayu yang menutup aliran sungai secara manual. Selain itu, personil di lapangan juga membuat bendungan atau penahan air sementara agar aliran air lancar dan tidak berbelok ke lahan warga.
Selain meluber ke jalan, tanaman milik warga mengalami kerusakan. Total luasan lahan milik warga sekitar  50 meter persegi.  "Akibat bencana banjir tersebut, kami berkoordinasi dengan pihak desa dan instansi terkait. Kemudian merekomendasikan untuk normalisasi sungai dan saluran air di sekitar," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...