MalangPost | Hotel di Kota Batu Tutup Sementara

Minggu, 07 Juni 2020

  Mengikuti :


Hotel di Kota Batu Tutup Sementara

Kamis, 02 Apr 2020, Dibaca : 3693 Kali

BATU - Semua hotel di Kota Batu serentak berhenti operasional Kamis (2/4) hari ini. Sedangkan di Kota Malang tercatat sembilan hotel dan Kabupaten Malang tiga hotel yang berhenti sementara operasional akibat virus Corona.


Manajemen hotel di Kota Batu serentak menghentikan operasional sementara mulai Kamis (2/4) hari ini. Penutupan operasional sementara karena mematuhi Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu No 556/1667/422.103/2020 tertanggal 31 Maret 2020. SE itu tentang Kewaspadaan dan Keselamatan Dunia Usaha dan Kepariwisataan dalamMencegah Covid-19 di Kota Batu. Berdasarkan SE tersebut penutupan berlaku hingga 21 April nanti.


Public Relations The Singhasari Resort, Aditya Kurniawan menjelaskan, resort bintang lima ini berhenti operasional sementara karena mematuhi SE Wali Kota Batu. Untuk sementara waktu, semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang ditiadakan. Hotel ini merupakan tempat yang ditempati banyak orang ketika mengadakan kunjungan ke Kota Batu. Apalagi, Singhasari memiliki hall dengan kapasitas 5 ribu orang.
"Sebenarnya kami sebelumnya sudah memutuskan penutupan mulai 30 Maret hingga 12 April. Tetapi ada SE Wali Kota sehingga penutupan hingga 21 April," ungkapnya, Rabu (1/4) .


Aditya menambahkan, karyawan diperkenankan work from home (WFH) dan juga ada karyawan libur atau mengambil cuti. Saat penutupan, manajemen hotel juga melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas sambil menunggu keadaan kembali normal.
Manajemen Jambuluwuk Resort juga melakukan hal yang sama. Resort bintang lima  berlokasi di Jalan Trunojoyo Kelurahan Pesanggrahan Kota Batu tutup sementara. "Kami sudah mendapat surat wali kota. Jambuluwuk tutup operasional mulai besok (hari ini) hingga 21 April sesuai surat Wali Kota," terang Agil Ardyansah, General Manajer Jambuluwuk Resort.


Sebelumnya, hotel tersebut buka dan mengikuti protokoler kesehatan dari tim pencegahan Covid-19. Pengunjung dan karyawan tetap dicek kesehatannya masing-masing. "Kami menaati peraturan pemerintah. Tamu hotel dan karyawan dicek suhu tubuh dan ada pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya.
Hal yang sama disebutkan General Manager Aston Inn, Didik Rocky Wahyono. Dia menyampaikan,  penutupan hotel dilaksanakan mulai hari ini hingga 21 April mendatang.  


Di Kota Batu ada beberapa hotel berbintang. Hotel bintang lima, antara lain Singhasari Resort, Golden Tulip Holland Resort dan Jambuluwuk Resort. Sedangkan hotel bintang empat, antara lain Kusuma Agrowisata, Purnama, Aston Inn, Purnama dan eL Kartika Wijaya.
Selain hotel bintang empat dan lima, terdapat puluhan bintang satu, dua, tiga serta kelas melati. Selain itu juga masih ada vila dan deretan homestay serta guest house. Berdasarkan SE Wali Kota ini, hotel, villa, homestay dan guest house juga diminta tutup.  
(mg2/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Redaksi