Hormati Veteran, Pemkot Beri Insentif Rp 4 Juta Setahun | Malang Post

Minggu, 17 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 18 Okt 2019, dibaca : 1062 , aim, kris

BATU - Memperingati HUT ke-18 Kota Batu, Pemerintah Kota Batu memberikan insentif kepada 170 anggota veteran dan janda veteran di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Jumat (18/10) kemarin. Insentif diberikan sebagai rasa terima kasih dan hormat atas jasa para veteran yang memperjuangkan kemerdekaan RI.
Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si menyampakan, pemberian insentif kepada veteran program yang hanya dilakukan Pemerintahan Kota Batu. Tujuan bantuan yang diberikan para veteran agar bisa hidup dengan layak dan berkecukupan.
"Ini merupakan program Pemkot Batu bagi veteran. Pemberian insentif diberikan empat kali dalam setahun setiap hari besar nasional," ujar Dewanti kepada Malang Post, Jumat (18/10) kemarin.
Pemberian insentif sebanyak empat kali telah dilakukan untuk ketiga kalinya. Pertama Hari Raya Idul Fitri, kedua Hari Kemerdekaan RI, dan ketiga HUT Kota Batu. Kemudian untuk ke empat kalinya diberikan pada Hari Pahlawan 10 November.
Untuk setiap pemberian insentif, para veteran dan janda veteran mendapat insentif senilai Rp 1 juta setiap kali pencairan. Dalam setahun para veteran dan janda veteran mendapat bantuan Rp 4 juta.
Dewanti menambahkan, pemberian insentif bagi veteran ini telah berjalan sejak 2008. Ia berharap bantuan seperti ini bisa dilakukan dan lebih baik lagi ke depannya oleh Pemkot Batu.
"Apa yang kami berikan ini tidak seberapa dengan jasa para veteran yang telah mempertahankan kemerdekaan RI. Kami harap kedepan, kami bisa lebih baik lagi," beber Wali Kota yang akrab disapa Bude ini.
Selain insentif, Pemkot Batu juga memberikan beberapa fasilitas kepda veteran seperti mobil operasional dan rumah bagi veteran. Meskipun diakui berkali-kali oleh Bude, bantuan fasilitas tersebut tidak seberapa.
Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Mashuri menguraikan, untuk tahun ini ada 170 veteran menerima insentif dari Pemkot Batu. Jumlah itu terdiri dari 118 janda veteran dan 52 veteran.
Ririck mengungkapkan dari seluruh veteran dan janda veteran tidak semua hadir. Pihaknya mencatat ada 55 orang yang tidak hadir. Sehingga nantinya insentif akan serahkan langsung sesuai alamat.
"Dalam acara ini, kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Batu dengan membuka pemeriksanaan kesehatan gratis bagi veteran," imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Veteran Kota Batu, Handri Israwan menambahkan, dirinya sangat bersyukur atas perhatian yang diberikan Pemkot kepada veteran. Mulai dari insentif hingga hingga rumah dinas.
"Kami sangat berterima kasih atas apa yang telah diberikan oleh Pemkot Batu. Bahkan kemarin, selama menjadi Ketua LVRI Kota Batu juga digelar acara yang sangat meriah dan pertama kalinya tingkat Jatim dalam memperingati hari veteran nasional," bebernya. (eri/aim)



Minggu, 17 Nov 2019

Angkanya Turun di Kota Batu

Loading...