Hoaks, Perampokan Aceh Timur | Malang Post

Sabtu, 07 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Jumat, 04 Okt 2019, dibaca : 663 , mp, fino

MALANG – Hoaks acapkali bukan hanya soal disinformasi. Pengunggahan ulang dengan mengaburkan tanggal kejadian, bisa menjadi hoaks. Karena, peristiwa yang sudah terjadi bertahun-tahun lalu, diunggah lagi sekarang, dan dikira memang baru terjadi. Hal ini juga yang terjadi dengan peristiwa perampokan BRI Aceh Timur.
Pada Selasa, 19 Oktober 2010, atau sembilan tahun lalu, dua perampok BRI ditembak mati oleh polisi karena melawan dengan senjata api ketika akan ditangkap. Namun, awal bulan Oktober ini, sebuah video di media sosial kembali diunggah tentang kejadian ini. Bedanya, tidak ada keterangan tentang tanggal kejadian.
Dalam video, hanya ditulis dengan keterangan-perampokan bank BRI Lhok Nibong. Sehingga warganet mengira peristiwa itu baru saja terjadi di Aceh Timur. Polri memberikan konfirmasi valid terkait peristiwa ini. Kepolisian memastikan informasi tersebut adalah hoaks. Karena, sudah ada peristiwa ini 9 tahun lalu.
Kapolres Aceh Timur AKBP Edo Widiantoro memastikan video yang beredar di media sosial Instagram tentang perampokan BRI di Lhok Nibong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (22/9/2019) hoaks. “Itu video kejadian perampokan bank BRI Lhok Nibong tahun 2010. Bukan hari ini, dan bukan sekarang ini seperti diunggah akun di media sosial itu,” kata AKBP Edo dalam keterangan tertulisnya.
Eko berharap, warganet cerdas menyikapi peredaran informasi di media sosial. “Harus bijak. Sudah terlanjur viral ditonton ribuan kali oleh netizen, namun itu peristiwa lama. Saya ajak seluruh masyarakat menyaring informasi apakah benar atau tidak sebelum menyebarkannya di media sosial,” katanya.
Jika tidak, maka warga akan panik dan menyangka kondisi keamanan di Aceh Timur tidak kondusif.  “Aceh Timur saya pastikan aman. Jangan terpancing dengan video yang beredar itu. Kasus lama yang di-upload ulang itu. Saya harap hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.(fin)



Jumat, 06 Des 2019

Cegah Radikalisme Sejak PAUD

Selasa, 03 Des 2019

Ray Ban Diskon 90 Persen

Loading...