MalangPost - Hitung Kekuatan dan Kelemahan Usaha

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Hitung Kekuatan dan Kelemahan Usaha

Jumat, 10 Jul 2020, Dibaca : 3288 Kali

Untuk membuka kembali usaha kuliner di masa pandemi seperti sekarang, pengusaha kuliner harus memiliki strategi bisnis secara khusus. Mereka harus bisa menghitung bagaimana kekuatan mereka, kelemahan, peluang usaha dan juga ancamannya.

Apa kekuatan yang mereka miliki di masa seperti sekarang. Seperti bagaimana letak geografis usaha mereka, memanfaatkan potensi lokasi sebagai kota wisata, kota pendidikan dan kota kedua terbesar di Jawa Timur. Termasuk kondisi sosial masyarakat yang hiterogen dan hedonisme, harus menjadi kekuatan.

Yang tidak kalah penting adalah menghitung kekuatan SDM yang dimiliki. Mereka memiliki keunggulan produk apa, dibandingkan pengusaha lainnya. Terutama yang sejenis.

Pengusaha kuliner harus juga memiliki inovasi produk, pelayanan serta sarana dan prasarana. Karenanya, konsumen atau segmen pasar, serta situasi dan kondisi lingkungan, juga harus diperhatikan.

Saya melihat ada beberapa strategi pertumbuhan yang bisa dijalankan pengusaha kuliner, untuk bisa membuka kembali usahanya di masa pandemi. Yakni dengan mengelola keuangan yang tepat. Membuat logo dan kemasan yang menarik, serta kualitas dan harga yang bersaing.

Tidak kalah penting adalah promosi harus digencarkan. Dengan memanfaatkan semua media yang ada. Termasuk diantaranya bekerjasama dengan influencer. Karena mereka memiliki pengikuti yang sangat fanatik. (*)

Yona Octiani Lestari -  Auditor SPI UIN Maliki Malang

Editor : Redaksi
Penulis : Opini