Hasil Tes Urine BNN Malang Petugas Dua Lapas Bebas Narkoba | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 12 Okt 2019, dibaca : 543 , aim, amanda

MALANG - Secara mendadak, Lapas Klas I Lowokwaru dan Lapas Wanita Klas IIA Sukun Malang melakukan tes urine narkoba, Jumat (11/10) . Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) memeriksa semua urine petugas Lapas yang ada.
Kalapas Klas I Lowokwaru Malang, Yudi Suseno mengungkapkan, tim BNN Kota Malang melakukan tes urine narkoba untuk para petugas Lapas. Sebelum dilakukan pemeriksaan, mereka melakukan penyuluhan narkoba terhadap para petugas.
"Ini program serentak untuk seluruh pegawai Lapas se-Indonesia yang dilakukan hari ini . Pemeriksaan ini dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu," kata Yudi Suseno dikonfirmasi Malang Post.
Mantan Kalapas Kelas II A Salemba Jakarta ini menguraikan, dari sekitar 200 petugas Lapas yang ada, hanya diambil 10 sampai 12 persen saja petugas yang dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut sesuai dengan peralatan yang dimiliki oleh BNN. "Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, petugas kami semua negatif narkoba," ungkap dia.
Kalapas Wanita Klas IIA Sukun, Ika Yusanti menambahkan, kegiatan yang bertujuan untuk Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) juga dilakukan di Lapas Sukun. Dari 89 petugas lapas, ada 50 orang yang melakukan tes urine. "Ini dilakukan sesuai dengan ketersediaan alat. 49 orang dinyatakan negatif. Satu orang terdeteksi mengkonsumsi Benzodiazepin+ (obat batuk) karena sakit batuk.  Saya nyatakan, petugas saya negatif narkoba semua," ujar dia.
Ika melanjutkan, para petugas lapas lainnya akan dilakukan tes serupa pada jadwal berikutnya. "Nanti akan menyusul, soal jadwalnya tidak bisa kami beritahukan. Tes seperti ini harus dilakukan secara mendadak," papar dia.
Meski demikian, pihaknya yakin seluruh pegawai lapas tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika. Namun, untuk memastikan, harus buktikan melalui tes urine. Ini kami lakukan juga sebagai sarana pengawasan dan pengendalian," tandas dia.(tea/aim)



Loading...