Hari Pertama Tes Seleksi Dasar CPNS, Terlambat Datang Langsung Gugur | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 27 Jan 2020,

MALANG - Hari ini menjadi hari pertama pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kota Malang. SKD akan berlangsung sekitar enam hari, berakhir 2 Februari 2020. Kurang lebih 4.000 perangkat komputer sudah disiapkan dilokasi tes, Aula Pertamina SMKN 2 Kota Malang Jl Veteran. Peserta yang terlambat datang, tidak diperkenankan masuk dan langsung gugur.
Di hari pertama ini, ada 1.160 peserta akan memenuhi lokasi tes untuk mengikuti Tes SKD CPNS Kota Malang. Ketua Pelaksana Seleksi CPNS Tahun 2019 Kota Malang Drs Wasto menjelaskan persiapan sudah dilakukan sejak 3 hari lalu.
Perangkat komputer/laptop yang disiapkan diakomodir pusat dan provinsi. Kota Malang, kebetulan menjadi tuan rumah daerah lain yang juga melaksanakan tes SKD CPNS. Yakni Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.
“Sudah disiapkan. Seperti tahun sebelumnya teknis dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT),” papar Wasto.

   Baca juga : Tes Seleksi Dasar CPNS Di Kabupaten Malang Digelar 21 Hari


Ia menyampaikan lagi total peserta Tes SKD CPNS Kota Malang berjumlah 9.198 orang. Yang sebelumnya dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi. Sementara itu seperti yang sudah diumumkan pada peserta tes SKD beberapa kewajiban dan syarat untuk mengikuti tes ini harus diperhatikan.
Dijelaskan Wasto salah satunya yang utama adalah membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dispendukcapil.
“Kemudian wajib membawa dan menunjukan Kartu Tanda Peserta Ujian yang diunduh melalyi akun pendaftaran pada laman https://sscn.bkn.go.id/ ,” tandas pria yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Malang ini.
Syarat lain adalah mengenakan pakaian rapi sesuai ketentuan. Yakni mengenakan kemeja/ baju atas berwarna putih polos dan celana panjang/ rok berwarna gelap (tidak diperkenankan memakai kaos, celana berbahan jeans dan sandal).
Pelaksanaan Tes SKD setiap harinya mulai tanggal 27 Januari dibagi dalam 5 sesi waktu. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 – 09.30, sesi II dimulai pukul 10.00-11.30, sesi III dimulai pukul 12.00-13.30, sesi IV dimulai pukul 14.00-15.30 dan sesi V dimulai pukul 16.00-17.30.
Khusus di hari pertama, Senin 27 Januari sesi dimulai pada sesi II yakni pukul 08.00-11.30. Dan seterusnya. Sementara itu menurut ketentuan dalam pengumuman pelaksanaan tes dan jadwal Tes SKD CPNS Kota Malang disebutkan pula sanksi bagi peserta pelanggar tata tertib ujian SKD.
Seperti di antaranya peserta yang terlambat pada saat dimulainya tes, tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti tes dan dianggap gugur. Lalu peserta yang kedapatan melanggar tata tertib dianggap gugur, dikeluarkan dari ruangan tes, dan dicoret dari daftar hadir serta dinyatakan tidak lulus.
Sebelumnya kuota CPNS di Kota Malang yang tersedia hanya 335 lowongan. Terdiri dari 148 guru, 101 tenaga kesehatan dan 86 tenaga teknis non pelayanan dasar. Artinya 9 ribu orang ini akan memperebutkan 335 kursi PNS Kota Malang tahun ini.
Menurut pantauan Malang Post pula di Kota Malang, posisi guru masih menjadi posisi yang paling banyak dimintai. Dari total jumlah pelamar yang tercatat kurang lebih 50 sampai 60 persen melamar untuk posisi guru PNS.
Untuk formasi yang paling banyak dilamar pertama yakni Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama, Bidan Terampil dan Guru Matematika ahli pertama. (ica/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Francisca Angelina



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...