Guru Dan Siswa Malaysia Terkesan Belajar Di SMK Nasional | Malang POST

Jumat, 28 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Guru Dan Siswa Malaysia Terkesan Belajar Di SMK Nasional

Jumat, 30 Agu 2019,

MALANG - Guru Kolej Vocational Seri Manjung Malaysia sangat terkesan dengan kemajuan SMK Nasional. Terutama dibidang teknologi industri. Menurut mereka yang saat ini tengah menjalani program pertukaran pelajar di sekolah Jalan Raya Langsep ini, SMK Nasional memiliki sarana teknologi yang sesuai dengan teknologi yang ada di industri.
Head of Department Public Affair and International Relationship, Kolej Vocational Seri Manjung, Shahabudin Hassan mengungkapkan hal tersebut saat ditemui Malang Post. Ia mengatakan kelebihan SMK Nasional, yakni jumlah siswanya yang banyak dan teknologi yang berkemajuan. "Berbeda dengan di kami, teknologi yang sesuai perangkat di industri kami belum punya," katanya.
Ia menambahkan, dari sisi teknologi, SMK di Indonesia termasuk di SMK Nasional jauh lebih di depan. Meskipun di Kolej Vocational Seri Manjung memiliki kelebihan dari sisi instalasi industri.
Belum lagi, di SMK Indonesia  ada program Teaching Factory yang sangat bermanfaat untuk pengembangan skill dan kompetensi siswa. Baik kompetensi keilmuan maupun kewirausahaan. "Kami masih mencoba mencontoh program tersebut dengan melibatkan beberapa industry di Malaysia," ujarnya.

BACA JUGA : Belajar Kultur Dan Budaya Malang Raya


Oleh karena itu, program pertukaran pelajar menjadi sangat penting untuk saling belajar. "Kami sangat beruntung bisa belajar disini. Harusnya dari dulu kerja sama ini bisa dibangun," imbuhnya.
Ia pun berharap kerja sama dengan SMK Nasional tidak terbatas pertukaran pelajar saja. Tetapi juga magang guru, hingga saling bertukar informasi terkait peluang kerja untuk siswa di masing-masing negara.
Sementara itu, selaku Guru Pendamping Suheimi menambahkan, dari sisi pelajaran antara SMK Nasional dan Kolej Vocational Seri Manjung Malaysia tidak banyak perbedaan. Misalnya, di jurusan Listrik. Salah materi yang dipelajari siswa yakni tentang Programmable Logic Controller (PLC). Di SMK Nasional, program input data PLC menggunakan personal komputer atau laptop, sementara di Kolej Vocational Seri Manjung menggunakan console. "Prinsipnya sama, hanya perlu lebih memahami simbol-simbolnya saja," ucapnya.
Perbedaan lainnya, kata dia, SMK Nasional sarana peralatannya terbatas tapi bisa dimanfaatkan maksimal dengan jumlah siswa yang banyak. Sedangkan di Kolej Vocational Seri Manjung jumlah siswanya sedikit. "Semoga selama disini dapat membantu anak-anak kami dalam menyelesaikan satu project sebagai tugas akhir sebelum lulus," harapnya.
Sementara itu, salah seorang guru SMK Nasional Drs. Setiyo Budiono, M.Pd, menyatakan, secara jenjang pendidikan antara SMK Nasional dengan Kolej Vocational Seri Manjung mempunyai perbedaan yang mendasar. Jika SMK di Indonesia, termasuk SMK Nasional menuntaskan belajar selama tiga tahun, sedangkan di Malaysia selama empat tahun. "Secara level dan keterampilan mereka, tentu mereka lebih unggul. Maka pertemuan pertukaran pelajar  ini penting, salah satu tujuannya untuk penyesuaian agar saling belajar dan melengkapi," katanya.
Muhammad Luqman Hakim, salah satu siswa asal Malaysia juga terkesan selama belajar di SMK Nasional. Ia mengatakan guru-guru di sekolah ini memberikan pendampingan maksimal kepada setiap siswa. Dan siswa-siswi SMK Nasional juga bisa diajak belajar bersama, meskipun pada awalnya terkendala masalah bahasa yang sedikit berbeda. "Senang kami bisa belajar bersama. Tidak ada kesulitan dalam pelajaran semuanya berjalan dengan baik. Hanya bahasa saja yang butuh waktu untuk menyesuaikan," tuturnya.
Pada pertukaran pelajar kali ini, ada tiga siswa dari Kolej Vocational Seri Manjung Malaysia yang belajar di SMK Nasional. Yakni Muhammad Luqman Hakim, Muhammad Azrin dan Muhammad Fitri Hazim. Didampingi dengan dua orang guru mereka, yaitu Shahabudin Hassan dan Suheimi. (imm/udi)

Editor : Udi
Penulis : Imam

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...