Gerindra dan Nasdem Bisa Jadi Poros Baru

Selasa, 02 Juni 2020

  Mengikuti :


Gerindra dan Nasdem Bisa Jadi Poros Baru

Rabu, 11 Mar 2020, Dibaca : 4866 Kali

MALANG – Tidak hanya Partai Kebangkitan Bangsa yang mengklaim memiliki figur potensial untuk diusung sebagai calon Bupati Malang dan calon Wakil Bupati Malang pada Pilkada 2020 nanti. Partai Gerindra juga mengklaim memiliki banyak kader potensial.
“Tujuh anggota Partai Gerindra di DPRD semuanya potensial untuk dicalonkan. Kami juga memiliki kader yang duduk sebagai anggota DPR RI, serta kader yang menjabat sebagai Ketua DPC. Jadi kami sama sekali tidak bingung untuk figur,’’ kata Sekretaris DPC Partai Gerindra, Kabupaten Malang Unggul Nugroho.
Ditemui usai mengikuti rapat paripurna, Unggul mengatakan jika selain memiliki kader potensial, partainya juga sangat solid. Siapapun figur yang mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan didukung penuh. “Semua kader memiliki jiwa corsa yang kuat. Siapapun nanti yang diusung kami siap mendukung,’’ tambahnya.


Unggul sendiri mengatakan, sampai dengan saat ini belum ada informasi terkait dengan figur yang dicalonkan. Termasuk koalisi, sampai dengan saat ini belum ada informasi karena merupakan kewenangan DPP. Daerah menurutya hanya berperan mengusulkan.
“Karena kami mengusulkan, maka komunikasi politik pun terus dijalin. Seluruh hasil komunikasi politik kami sampaikan ke pusat. Tapi demikian, pusat juga tidak semata-mata menerima, karena pasti akan menerjunkan tim untuk melihat situasi dan kondisi politik di bawah. Karena apapun saat berbicata Pilkada target kami adalah menang,’’ ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini.


Disinggung dengan poros baru? Unggul pun mengatakan tidak menutup kemungkinan. Terlebih sampai dengan saat ini, komunikasi politik tetap berjalan. “Tidak ada salahnya juga jika kami membentuk poros baru, untuk bisa mengusung sendiri calon. Dan seperti yang saya katakan di awal, kami memiliki figur kuat dan potensial. Sehingga kalaupun membentuk poros baru, siap untuk fight,’’ tandasnya.
Pernyataan sama juga disampaikan Ketua Pendaftaran dan Penjaringan DPD Partai NasDem, Amarta Faza. Anggota DPRD Kabupaten Malang ini mengaku tidak masalah jika partainya membuat poros baru. “Kami ada tujuh kursi, dengan Partai Gerindra juga memiliki tujuh kursi, dan partai Golkar 8 kursi. Jika membentuk poros baru, maka jumlah dukungannya pun lebih besar. Sehingga potensi memenangkan Pilkada pun cukup besar,” ucap Amarta Faza.


Pasha begitu sapaan akrabnya mengatakan, kalau DPD Nasdem terus melakukan komunikasi politik, dengan semua partai. Baik yang memiliki kursi maupun yang tidak memiliki kursi di DPRD. “Dari DPP saat ini juga sedang melakukan survei. Kami pun menunggu itu,’’ katanya. Disinggung dengan figur yang kuat? Pasha mengatakan pihaknya sudah mengirimkan tujuh nama calon yang mendaftar di DPD ke DPP. Dan berkas tujuh nama itu saat ini sedang diproses.
“Kalau figur, Insyaallah kami siap. Artinya jika dari tujuh calon itu dipilih salah satu, kemudian mendapatkan rekomendasi dari DPP, sudah pasti partai memberikan dukungan  penuh,’’ tambahnya.
Disinggung berkoalisi dengan PKB,  Pasha langsung tersenyum. Dia mengatakan, hal itu juga bisa terjadi. “Ya, semuanya masih fleksible. Dan apapun keputusannya tergantung DPP,’’ tandasnya.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Fino Yudistira