Gagas Bayar Tilang Pakai Sampah | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 11 Sep 2019, dibaca : 687 , vandri, kris

BATU - Polres Batu  dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu menggagas bayar pajak kendaraan dan tilang  dengan sampah. Kini aturan teknis dan regulasinya sedang dibahas dua instansi tersebut.  
"Sesegera mungkin kami akan menerapkan bayar pajak dan tilang dengan sampah. Rencananya kami akan bekerja sama dengan DLH untuk mengurangi sampah di Kota Batu," jelas Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto SIK M.Si.
Ia  mengatakan, teknis penerapannya sedang dibahas bersama  DLH. Pasalnya DLH sebelumnya telah membuat inovasi membayar PBB menggunakan sampah.
Dalam menjaga lingkungan, Buher, sapaan akrab Budi Hermanto meraih penghargaan Kapolres Pelopor Peduli Lingkungan. Selain itu, relawan Sabers Pungli juga mendapat penghargaan tersebut. Apresiasi itu diberikan  Badan Musyawarah antar Gereja LKKI bersama YPPII Kota Batu, Selasa (10/9) .
Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq mengungkapkan dengan membayar pajak kendaraan dan tilang menggunakan sampah maka bisa mengatasi persoalan sampah di Kota Batu. Khususnya sampah yang bisa didaur ulang.
"Kami sangat mendukung adanya inovasi ini. Regulasi pembayaran denda tilang dan pembayaran pajak kendaraan bermotor sedang dibuat," bebernya.
Lebih lanjut ia menegaskan, setiap harinya Kota Batu menghasilkan 60 ton sampah. Sedangkan hari libur meningkat menjadi 80 ton. Dia mengatakan, pembayaran pajak dan tilang dengan sampah bisa dimulai paling lambat tahun 2020. Rencananya akan menggandeng bank sampah Kota Batu. (eri/van)



Loading...