Gagal Landing, Pesawat Terbakar | Malang Post

Kamis, 14 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 29 Sep 2019, dibaca : 2085 , halim, agung

SEBUAH video pesawat gagal landing di Bandara Kualanamu International Airport beredar di media sosial. Dalam video pesawat itupun akhirnya terbakar. Video tersebut juga sudah lebih dari 3 ribu kali dibagikan.
"Astaghfirullah...... Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Detik-detik pesawat gagal landing dan terbakar di bandara Kualanamu International Airport," tulis narasi dalam video yang diunggah tersebut.
Namun kenyataannya, video itu hanya latihan atau simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang dilakukan Manajemen Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara. Kegiatan bertema Increasing Preparedness of Airport Emergency Committee itu digelar Kamis (26/9) lalu.
Manager of Branch Communication & Legal Kualanamu, Wisnu Budi Setianto mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan PKD tingkat nasional adalah Undang-undang nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor: PM 83 Tahun 2017 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan sipil Bagian 139 tentang Bandar Udara serta Peraturan Dirjenhubud Nomor KP. 479 tahun 2015 tentang Rencana Penanggulangan Keadaan.
Wisnu menyebut kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario latihan PKD di Bandara internasional Kualanamu untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan fasilitas dalam menghadapi keadaan darurat.
Disebut latihan ini melibatkan kurang lebih 314 personel gabungan yang terdiri dari PT Angkasa Pura II, TNI - Polri, Perum LPPNPI AirNav Cabang Kualanamu, Kantor Otban Wil II Medan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Kualanamu, BASARNAS kota Medan, Pemadam Kabupaten Deli Serdang, sejumah Rumah sakit di daerah Kabupaten Deli Serdang, Puskesmas, PMI dan Instansi pemerintahan lain.
"Latihan atau simulasi yang diselenggarakan tersebut dirancang mendekati keadaan yang sebenarnya (riil) dan secara langsung dipimpin oleh Executive General Manager Bandar Udara Internasional Kualanamu selaku ketua dari Airport Emergency Committee (AEC) dan ditangani sesuai dengan pedoman yang tertuang di dalam Airport Emergency Plan (AEP) Bandar Udara Internasional Kualanamu," pungkasnya.(agp/lim)



Kamis, 14 Nov 2019

FAKTA Tahun 2015 BPJS Haram

Rabu, 13 Nov 2019

Tewas Karena Ledakan Handphone

Senin, 11 Nov 2019

Tulisan Kaos Kuning Editan

Loading...