Gadaikan Mobil Saudara, Diringkus di Kontrakan

Senin, 21 Oktober 2019

Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 887 , halim, agung

Tersangka Helginardus Lado serta barang bukti mobil yang diamankan Polsek Bululawang.

MALANG - Helginardus Lado, 42, harus berurusan dengan polisi. Tersangka yang ngontrak di Perum Grand Safira Desa Genengan Kecamatan Pakisaji, ini ditangkap Unit Reskrim Polsek Bululawang, di rumahnya Rabu (4/9). Ia ditangkap karena kasus penggelapan mobil.
Tersangka menggelapkan mobil Toyota Cayla AG-1088-DU milik saudaranya sendiri. Korbannya adalah Philipus Ture, 47, warga Desa Wandanpuro Kecamatan Bululawang. Mobil tersebut digadaikan kepada seseorang oleh tersangka.
"Pelaku kami tangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Penangkapannya setelah kami mendapat informasi tentang kepulangannya," ujar Kapolsek Bululawang Kompol Fatkhurrahman.
Diperoleh keterangan, korban dengan tersangka ini masih saudara. Karena melihat tersangka tidak memiliki pekerjaan tetap, korban lantas meminta Lado menjalankan mobilnya untuk grab. Sistemnya setiap hari, tersangka diminta untuk menyetorkan hasil dari grab tersebut.
Pertama-tama memang lancar. Namun selanjutnya, setoran kepada korban mulai tersendat. Bahkan sejak bulan Juli, tersangka sudah tidak lagi menyetorkan hasil dari grab online.
Ketika ditanya, tersangka selalu berbelit. Korban yang curiga akhirnya mencari informasi. Akhirnya diketahui kalau mobil miliknya telah digadaikan kepada seseorang warga Kota Malang sebesar Rp 30 juta.
Lantaran saat diminta untuk mengembalikan mobilnya, tersangka selalu menghindar dan janji-janji saja. Korban yang merasa dirugikan lantas melapor ke Polsek Bululawang. Laporan korban pada 2 September lalu tentang penggelapan mobil.
Berdasarkan laporan itulah, akhirnya polisi mencari keberadaan tersangka yang diketahui sempat kabur. Begitu tersangka kembali ke rumah kontrakannya, polisi langsung menangkapnya.
"Pengakuannya dia kepepet butuh uang sehingga menggadaikan mobil. Uangnya diakui habis untuk membayar utang," jelas mantan Kapolsek Kalipare ini.(agp/lim)
 



Kamis, 10 Okt 2019

Ngaku Buser, Rampas HP

Loading...