MalangPost | Finishing Exit Tol Mapan Terhalang Puluhan Tiang PLN

Sabtu, 06 Juni 2020

  Mengikuti :


Finishing Exit Tol Mapan Terhalang Puluhan Tiang PLN

Selasa, 14 Jan 2020, Dibaca : 1029 Kali

MALANG - Penyelesaian exit Tol Pandaan-Malang di pintu tol Malang yang ada di Kelurahan Madyopuro terhambat keberadaan tiang listrik milik PLN yang berada di kawasan pelebaran jalan sekitar tol yang dilakukan Jasa Marga.
PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang juga tinggal melakukan tapper (pengerasan) kawasan exit dan akan mulai melakukan pelebaran jalan di sekitar exit tol. Kurangl lebih ada 20 tiang PLN berada di kawasan yang akan dilakukan pelebaran. Khususnya di kawasan 200 meter, baik kanan-kiri kawasan mulut keluar Tol Pandaan-Malang.
"Sebenarnya sudah hampir rampung pembangunan jalan Tol Mapan. Hanya salah satu yang masih belum karena ada tiang PLN. Saat ini kami masih menunggu dari PLN untuk memindahkan tiang-tiang yang ada di wilayah sekitar exit yang mau dilebarkan,” kata Dirut PT JPM Agus Purnomo kepada Malang Post saat ditemui usai audiensi di Balai Kota Malang. Ia mengatakan tahap finishing exit Tol Pandaan-Malang masih menunggu tindak lanjut PLN Area Malang.  Seperti diketahui, kawasan sekitar exit sebuah tol adalah tanggung jawab PT Jasa Marga untuk ditingkatkan kapasitasnya. Hanya saja batas yang bisa digarap hanya 200 meter di sekeliling exit.
Saat dikonfirmasi, Area Manager PLN Malang M. Eryan Saputra menjelaskan, bahwa pemindahan tiang listrik kini sudah mulai dilakukan oleh PLN. Setidaknya, ada sekitar 20-an tiang listrik yang akan segera dipindahkan.
Akan tetapi, proses pemindahan itu membutuhkan beberapa material yang saat masih dalam tahap pengadaan oleh PLN.
"Iya saat ini masih proses. Karena untuk memindahkan jaringan yang lama ke lokasi yang baru memerlukan beberapa material," jelas Eryan.
Kendala lain yang saat ini menghambat proses pemindahan tiang listrik ialah adanya rumah yang masih belum dibongkar. Hal itu membuat petugas PLN sedikit kesulitan untuk melakukan proses pemindahan. Meski begitu PLN akan segera menyanggupi permintaan dari PT JPM untuk segera memindahkan tiang listrik tersebut.
"PLN akan selalu berusaha untuk seiring dengan jadwal yang ditentukan (akhir Januari 2020). Minggu ini kami juga sudah memulai penggelaran kabel di jaringan yang baru," pungkasnya. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : fFrancisca Angelina