Festival Hadrah Lestarikan Budaya Islami

Minggu, 20 Oktober 2019

Kamis, 26 Sep 2019, dibaca : 435 , vandri, kris

BATU - Rangkaian peringatan HUT ke 19 Kota Batu mulai digelar. Rabu (25/9) kemarin berlangsung Festival Hadrah Al Banjari 2019 di pendopo rumah dinas Wali Kota Batu. Festival seni religi ini digelar sebagai upaya mengembangkan potensi dan melestarikan seni hadrah di Kota Batu.
Peserta kegiatan tersebut berasal dari berbagai wilayah di Kota Batu. Mereka tergabung dalam 17 kelompok. Setiap  kelompok terdiri dari 25 orang. Mereka antusias mengikuti lomba ini. Itu tampak pada setiap kelompok yang melantunkan tembang salawat dengan kreasi masing-masing. Mulai dari aransemen musik dan busana yang dikenakan menarik perhatian.
Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Sosial Pemkot Batu Ismail Abdul Ghani mengatakan, festival hadrah yang digelar untuk menggali potensi kelompok hadrah. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk menyambut wisatawan.
"Festival ini menunjukkan bahwa seni hadrah tetap eksis di Kota Batu. Bahkan melalui seni hadrah bisa mendapatkan masukan tambahan ketika ada kegiatan  religi ataupun lainnya," jelasnya.
Ismail menambahkan, festival tersebut memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan. Untuk juara I Rp 2,5 juta, juara II mendapat Rp 2 juta dan juara III sebesar Rp 1,5 juta.
Sedangkan lagu yang dibawakan, peserta wajib mengaransemen mars Kota Batu dengan kreativitias masing-masing. Penilaian meliputi vokal, formasi, gerakan, aransemen, dan harmonisasi.
Lebih lanjut dijelaskan Ismail, tingginya antusias peserta maka kedepannya ia berencana menggelar festival hadrah untuk generasi muda.  “Rencananya tahun depan tetap kami gelar. Agar lebih meriah kami juga akan mengajak anak-anak muda di Kota Batu berpartisipasi dalam festival hadrah Kota Batu," pungkasnya. (eri/van)



Loading...