Malang Post - Fakultas Ilmu Budaya UB Perkenalkan Kaikara Art Sebagai Wadah Edukasi Seni

Minggu, 05 April 2020

  Mengikuti :


Fakultas Ilmu Budaya UB Perkenalkan Kaikara Art Sebagai Wadah Edukasi Seni

Senin, 17 Feb 2020

MALANG - Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (UB) memperkenalkan sebuah manajemen yang bergerak dalam bidang seni rupa, yakni Kaikara Art. Kaikara Art adalah sebuah tim yang berfokus pada pengenalan, edukasi dan penyebaran informasi juga kegiatan seni rupa kepada masyarakat melalui berbagai program yang diselenggarakan. Kaikara Art lahir dari adanya keresahan terhadap masih minimnya kesadaran dan apresiasi seni di Indonesia.


Kaikara art terbentuk dari tujuh mahasiswa dengan prodi Seni Rupa, kemudian digagas oleh Arrofi Ramadhan sebagai ketua tim. Adapun Ayukandi sebagai sekretaris, Livianti Rosanti sebagai workshop project manager, Adine Nissa sebagai Kids Class project manager, Rizaldi Rahmadhan, Kynan Ardhya, dan Rizkyta Alif sebagai tim Creative Branding.


Kaikara Art terbentuk 1 Januari 2020 Kaikara Art memiliki semangat dan harapan tinggi untuk masyarakat.
Ketua Kaikara Art Arrofi Ramadhan menjelaskan, alasan untuk membuat sebuah tim yang bernama Kaikara Art ini adalah sebagai wadah untuk orang yang ingin mengutarakan bakat mereka, akan tetapi tidak tahu bagaimana teknik ataupun cara mengaplikasikan suatu seni dalam media apapun sehingga alasan kami membuat tim ini adalah untuk mengedukasi serta membimbing seseorang yang ingin menimba ilmu dunia seni,” kata Arrofi, sapaan akrabnya.


Dalam Februari 2020 ini, Kaikara Art akan menyelenggarakan workshop seni rupa untuk umum dan kelas Seni rupa untuk anak anak usia 6-12 tahun. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan wawasan anak di usia muda dalam dunia seni rupa.
“Workshop dan kelas seni rupa merupakan salah satu event yang sering kami gelar, yang bertujuan memberikan edukasi dan wawasan kepada anak usia muda dalam mengembangkan seni keterampilannya. Selain itu juga membuat anak tersebut semakin berinovasi dalam menciptakan suatu keterampilan yang unik,” urainya.


Sementara itu, Kaikara Art juga menggarap project wawancara kepada seniman muda di berbagai daerah seperti Jakarta, Jogja, Bali, Semarang, Malang dan daerah lainnya di Indonesia. Dengan harapan, apa yang disampaikan seniman-seniman tersebut dapat memotivasi dan menambah informasi masyarakat umum melalui sosial media, seperti instagram dan youtube dari Kaikara Art.
“Nantinya selain menjumpai dan berdiskusi dengan seniman muda di berbagai daerah di Indonesia, Kaikara Art juga akan melakukan tour ke lokasi yang memiliki nilai seni rupa di berbagai daerah di Indonesia. Sementara ini base camp Kaikara Art berlokasi di Malang dan Jakarta,” lanjutnya.


Lebih lanjut, Kaikara Art menerima kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan dari Kaikara Art yaitu kebermanfaatan. Untuk berbagai kegiatan Kaikara Art bisa kunjungi instagram.com/kaikara.art dan email artkaikara@gmail.com untuk berkolaborasi.

“Kami ingin Kaikara Art menjadi bagian dari perkembangan seni rupa di Indonesia,” pungkasnya. (mp4/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Agiem Cristian

  Berita Lainnya





Loading...