Expo Pembangunan Wadahi Ekonomi Kreatif IKM dan UKM | Malang Post

Jumat, 13 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 804 , udi, agung

MALANG - Expo Pembangunan 2019 resmi dibuka, Rabu (4/9) siang. Agenda tahunan dalam menyambut Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang ini, dibuka oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Drs. Suhanto, MM di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen.
Plt. Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM, mengatakan, tema gelaran expo itu adalah 'Bangga Menggunakan Produk Madeb Manteb Manetep'. Menurutnya, diharapkan Expo Pembangunan 2019 menjadi sarana positif dalam mendorong kemajuan IKM dan UKM di Kabupaten Malang. Termasuk supaya dapat memacu para stakeholder untuk bergerak maju dan bersinergi, menuju pembangunan secara keseluruhan di Kabupaten Malang.
"Pelaksanaan Expo Pembangunan ini, bisa menjadi sarana hiburan murah dan menarik bagi masyarakat Kabupaten Malang. Karena kegiatan expo ini adalah pesta rakyat Kabupaten Malang," ungkap Sanusi.
Dikatakan, saat ini Indonesia telah memasuki era Industri 4.0. Hal ini membawa konsekuensi tingkat persaingan yang semakin ketat. Sehingga harus disikapi dengan bijak oleh semua pihak, khususnya yang berkecimpung di dunia usaha dan industri.
Menyikapi era Industri 4.0 ini, pemerintah telah menerbitkan Undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian. Berdasar peraturan tersebut, maka para pelaku industri  dan usaha, harus membekali komponen usahanya dengan persiapan yang matang. Diantaranya, melakukan pembangunan sumber daya manusia yang semakin berkualitas. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan dengan baik teknologi industri modern. Termasuk, mampu menekan pola produksi yang tidak efisien dan kurang produktif.
"Untuk mendorong program Presiden RI, tentang SDM Unggul Indonesia Maju, saya sudah menganjurkan supaya kepala desa (Kades), di Kabupaten Malang harus lulusan S1. Mereka yang belum kuliah atau sarjana, akan disekolahkan secara gratis," jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.
Sementara itu, usai peresmian pembukaan Expo Pembangunan 2019, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Drs. Suhanto, MM, bersama Plt. Kabupaten Malang, Sanusi dan Ketua DPRD sementara Didik Gatot Subroto, keliling mengunjungi stand. Selain berdialog, mereka juga melihat sekaligus mencicipi hasil produksi dari setiap stand yang ada.
Expo Pembangunan 2019 diadakan dalam menyambut Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang. Expo diadakan selama lima hari, sejak Rabu (4/9) sampai Minggu (8/9). Acara tersebut diikuti ratusan IKM dan UKM se-Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut juga untuk mempromosikan industri, perdagangan, bisnis, investasi, pariwisata, ekonomi kreatif, pelayanan publik, pertanian, kesehatan, pendidikan, multi produk, seni dan kebudayaan.
Termasuk juga memberikan kesempatan yang luas, bagi para pelaku industri ekonomi kreatif, IKM dan UKM. Serta gerakan koperasi untuk memamerkan produk-produk potensialnya. "Event ini, memberikan dampak positif bagi geliat majunya ekonomi kreatif Kabupaten Malang," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Drs. Agung Purwanto.
Lebih lanjut, Agung mengatakan, Expo Pembangunan 2019 ini, sebagai trend center, dan saluran bagi transaksi, sinkronisasi program, informasi trend pasar serta penguatan IKM dan UKM.
"Tujuan diadakannya Expo Pembangunan 2019, selain menjadi program unggulan Kabupaten Malang dalam mempromosikan dan memperkenalkan berbagai potensi, juga mendorong meningkatkan investasi dalam berbagai sektor di Kabupaten Malang," jelas mantan Kabag Perekonomian Kabupaten Malang. (agp/udi)



Jumat, 13 Des 2019

Arema FC Tim Terburuk!

Loading...