Empat Naskah Kuno Diabadikan dalam Prangko | Malang Post

Rabu, 11 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Kamis, 05 Sep 2019, dibaca : 368 , rosi, ist

PELUNCURAN: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia resmi meluncurkan empat prangko baru dalam seri Prangko Naskah Kuno Nusantara hasil kerja sama dengan PT Pos Indonesia dan PT Peruri sebagai bagian dari Perpusnas Expo 2019.

Indonesia kaya dengan naskah kuno. Naskah klasik yang berisikan saksi sejarah itu pun diangkat menjadi grafis perangko. Ada empat naskah kuno nusantara yang dijadikan prangko naskah Indonesia, yakni I La Galigo, Babad Dipanegara, Negara Kertagama, dan Cerita Panji. Keempat naskah ini dipilih karena sudah diakui oleh UNESCO sebagai Memory Of The World. 
“Dipilihnya Babad Dipenogoro, Panji, Negara Kertagama, dan I La Galigo sebagai prangko karena empat naskah itu sudah diakui oleh dunia sebagai Memory Of The World sebagai suatu karya mahakarya para leluhur kita pada masa lalu," ujar Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, saat di temui di Perpusnas Expo 2019, Kamis (5/9/19) diberitakan Okezone. 
Dia juga menjelaskan, I La Galigo itu bahkan memiliki metologinya yang epic, jauh dari pada naskah Ramayana dan Mahabarata. Selain itu, I La Galigo merupakan masyarakat Indonesia keturunan bangsa yang hebat dan keturunan dari nenek moyang yang rajin membaca. 
Sebelumnya Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Ofy Sofiana mengaku, bahwa Perpusnas memang sudah memiliki koleksi Perangko yang disimpan di Perpustakaan Nasional RI, dan kali ini Perpusnas meluncurkan Perangko baru dengan edisi Naskah Kuno Nusantara. (okz/oci)



Rabu, 11 Des 2019

Kabur Demi Nikahan Anak

Loading...