Dusun Bulurejo Pernah Dilanda Bencana Tahun 2002 | Malang POST

Senin, 24 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Dusun Bulurejo Pernah Dilanda Bencana Tahun 2002

Sabtu, 25 Jan 2020,

BANJIR bandang yang menerjang wilayah Dusun Bulurejo, Desa Petungsewu, Kabupaten Malang, bukan yang pertama kali terjadi. Tahun 2002 lalu, kawasan itu juga banjir. Karena itulah warga diminta tetap siaga.
Camat Dau, Eko Margianto mengatakan banjir bandang terjadi akibat hujan deras yang terjadi di lereng Gunung Kawi. Air dan berbagai material, termasuk batang pohon bercampur jadi satu.
Mantan Camat Singosari ini mengatakan setelah mendapatkan laporan adanya banjir bandang, pihaknya bersama Muspika Dau langsung mendatangi lokasi. “Saat kami datang sudah surut, hanya tersisa lumpur saja menutup jalan,’’ ungkapnya.
Menurut Eko, jalur yang diterjang banjir lumpur itu merupakan jalan alternatif. Namun sering dilewati pengendara. Karena itulah, begitu sampai di TKP, dia langsung melakukan koordinasi bersama perangkat desa. “Kami lakukan pendataan dulu, terutama terhadap pengendara motor yang hanyut,’’ tambah Eko.
Dia mengaku kaget, karena beberapa video yang viral menyebutkan ada jiwa. Penulusuran pun dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.Tidak hanya melakukan pendataan korban, petugas juga langsung melakukan penanganan. Material berupa kayu dan ranting yang menutup jalan dibersihkan.
Sementara untuk pembersihan lumpur, pihak Kecamatan Dau langsung berkoordinasi dengan Bidang Penanggulangan Bencana Kebakaran, Kabupaten Malang. Sampai dengan berita ini diturunkan, tadi malam, pembersihan jalan terus dilakukan.
“Pembersihan ini kami melibatkan tim dari BPBD Kabupaten Malang dan Kota Malang, PMI Kabupaten Malang dan Kota Malang, PSC Kota Malang, TNI, Polri, Muspika Dau , Bidang Penanggulangan Bencana Kebakaran Kabupaten Malang, PMK Kota Malang, Dinas PU dan SDA Kabupaten Malang, dan warga serta para relawan,’’ tambahnya.
Hal yang sama juga disampaikan  Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Malang, Abdul Rochim. Pihaknya bersama warga dan tim langsung langsung melakukan pembersihan.
“Tebalnya lumpur yang menutup jalan, maka pembersihan dilakukan dengan cara menyemprotkan air. Ada tiga unit kendaraan pemadam kebakaran milik Kabupaten Malang dan Kota Malang yang dilibatkan dalam pembersihan lumpur,’’ tandasnya. (ira/pur/van/lim)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Ira Ravika

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...