Dua Personel AS Tewas Ditembak Serdadu Afghanistan

Selasa, 02 Juni 2020

  Mengikuti :


Dua Personel AS Tewas Ditembak Serdadu Afghanistan

Selasa, 11 Feb 2020, Dibaca : 2853 Kali

AFGHANISTAN - Dua prajurit Amerika Serikat dilaporkan tewas dan enam lainnya mengalami luka setelah seorang tentara Afghanistan melepaskan tembakan dengan senapan mesin di Provinsi Nangarhar pada Minggu (9/2) kemarin.

Militer AS mengonfirmasi bahwa insiden di timur Afghanistan itu terjadi ketika militer AS dan Afghanistan tengah melakukan "pelatihan soal poin-poin kepemimpinan" di sebuah pangkalan di distrik Sherzad.

"Laporan saat ini menunjukkan seorang individu berseragam Afghanistan melepaskan tembakan ke arah pasukan gabungan AS dan Afghanistan dengan senapan mesin," ucap juru bicara Pasukan AS-Afghanistan Sonny Leggett melalui sebuah pernyataan.

Gubernur Nangarhar Shah Mahmood Meyakhil mengatakan tiga pasukan komando Afghanistan juga ikut terluka dalam serangan itu. Senada dengan Legget, Meyakhil menuturkan belum begitu jelas motif dari penembakan itu, apakah insiden itu disengaja oleh penyusup atau kecelakaan. "Tapi, itu bukan bentrokan antara pasukan. Kami sedang menyelidikinya," kata Meyakhil seperti dilansir AFP.

Melalui kicauan di Twitter, Kelompok Pasukan Khusus Penerjun ke-7 Angkatan Darat AS mengatakan beberapa tentara tewas dan terluka dalam serangan itu. Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas penyerangan itu.

Penembakan ini berlangsung dalam masa-masa sensitif selama 18 tahun konflik di Afghanistan berlangsung. Belakangan, Presiden AS Donald Trump berencana menarik pasukan Negeri Paman Sam pulang dan mengakhiri konflik terpanjang dalam sejarah AS terlibat itu.
Utusan khusus AS, Zalmay Khalilzad, telah bernegosiasi dengan Taliban selama kurang lebih 18 bulan untuk merundingkan masalah penarikan pasukan dari Afghanistan. Sebagai gantinya, Taliban berjanji tidak akan menjadikan negara di Asia Selatan itu sebagai markas teroris. (cnn/det/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Net