MalangPost - Dua Pencuri Burung Terekam Kamera

Jumat, 03 Juli 2020

  Mengikuti :


Dua Pencuri Burung Terekam Kamera

Sabtu, 29 Feb 2020, Dibaca : 1194 Kali

MALANG - Tidak hanya kendaraan bermotor, burung murai juga tak luput dari sasaran pelaku pencurian. Seperti yang dialami Mochammad Slamet, 44 warga Jalan Satsuit Tubun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Aksi pelaku pencurian tersebut sempat terekam kamera pengintai yang telah dipasang warga sekitar dan viral di media sosial facebook.
Kepada Malang Post, Slamet menceritakan, sebelum hilang, sekitar pukul 05.00 pada Kamis (27/2), ia baru saja memberi makan dan membersihkan sangkar burungnya.
"Kemudian, saya gantung sangkarnya di depan rumah dan saya tinggal ke dalam untuk beraktifitas," papar dia.


Kemudian, sekitar pukul 14.42, ia sedang tidur-tiduran di ruang tamu dan dalam kondisi hujan deras. "Jendela ada di belakang saya persis. Karena hujan, saya tidak mendengar apapun," lanjut dia.
Setelah hujan cukup reda, sekitar pukul 15.30, korban keluar rumah. Saat itu, ia mendapati sangkar burung murainya telah raib.
"Saya kaget, burung murai saya hilang. Kemudian, saya mencoba mengecek rekaman kamera pengintai yang dipasang di sekitar lokasi," lanjut dia.


Ketika dicek, benar saja bahwa burung murai milik Slamet telah dicuri dua orang yang berboncengan sepeda motor. Kedua pria itu terlihat tenang mengambil burung murai yang digantung Slamet di depan rumahnya yang tak berpagar.
"Setelah mengambil, pelaku kemudian meninggalkan sangkar burung di masjid, yang letaknya 100 meter dari rumah saya," lanjut dia.
Dia menambahkan, di kawasan tempat tinggalnya tersebut, kasus serupa sering terjadi. "Dalam satu minggu ini, sudah tiga kali orang kehilangan burung," jelas dia.


Untuk itu, ia langsung mendatangi Polsek Sukun untuk melakukan laporan. Saat ini, pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan.
"Atas peristiwa itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp 2,5 juta. Saat ini masih kami selidiki," papar Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.
Jika memang kedua pelaku tertangkap, maka akan dikenakan pasal 362 KUHP. "Dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara," tandas dia.(tea/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Amanda Egatya