DPRD Kabupaten Segera Tetapkan Jumlah Fraksi | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 03 Sep 2019, dibaca : 747 , Udi, Agung

MALANG - Alat kelengkapan DPRD Kabupaten Malang masih belum terbentuk. Pascapelantikan 30 Agustus 2019 lalu, anggota dewan masih fokus pembentukan fraksi. Rencananya Rabu (4/9) nama-nama fraksi akan ditetapkan. "Saat ini kami masih baru membentuk fraksi terlebih dahulu. Baru setelah fraksi terbentuk, akan berlanjut ke alat kelengkapan DPRD," ujar Ketua DPRD Kabupaten Malang sementara, Didik Gatot Subroto.
Menurut Didik, pembentukan fraksi tergantung pada peraturan partai politik (Parpol) masing-masing. Khusus PDI Perjuangan, pembentukan fraksi adalah menjadi bagian dari keputusan DPP. Sedangkan Parpol lainnya, pembentukan fraksi sesuai dengan peraturan yang dimiliki setiap Parpol.
"Sebelumnya pimpinan DPRD Kabupaten Malang, sudah bersurat ke masing-masing Ketua DPC untuk segera mengusulkan nama-nama yang masih dalam fraksi. Dari usulan tersebut, akan disampaikan ke pimpinan DPRD untuk ditetapkan," jelas politisi PDI Perjuangan ini.
Lebih lanjut, Didik mengatakan, untuk DPRD Kabupaten Malang, setiap fraksi minimal beranggotakan 4 orang. Untuk Parpol yang mendapat kursi kurang dari empat, seperti Hanura, PPP serta Demokrat bisa membentuk fraksi gabungan.
Setelah fraksi sudah terbentuk, tahapan selanjutnya anggota fraksi akan berkomunikasi politik untuk merumuskan pembuatan tata tertib dan kode etik. Tatib serta kode etik ini, akan menjadi dasar dalam pembentukan alat kelengkapan dewan. "Alat kelengkapan dewan yang nantinya dibentuk berdasarkan tatib, diantaranya adalah pembentukan komisi, badan kehormatan (BK), badan legislative (Banleg), badan anggaran (Banggar) serta Bamus," jelasnya.
Lantas bagaimana dengan jabatan pimpinan DPRD? Didik mengatakan, untuk jabatan pimpinan sudah ada. Yakni empat Parpol yang mendapat kursi serta suara terbanyak. Tinggal menunggu keputusan dari DPP setiap Parpol siapa yang akan ditunjuk untuk menjadi pimpinan. "Untuk jabatan ketua sudah jelas dari PDI Perjuangan. Sedangkan wakil ketua, dari Golkar, PKB serta Nasdem," urainya.
Dengan segera terbentuknya fraksi serta alat kelengkapan dewan ini, Didik berharap secara keseluruhan anggota dewan bisa bekerja sesuai tupoksi masing-masing dengan baik. Sehingga kualitas kerja yang sebelumnya sudah baik, harus bisa ditingkatkan lagi. "Anggota dewan baru (periode 2019 - 2024), harus lebih semangat dan kreativitas. Sehingga ke depan dinamika di DPRD Kabupaten Malang bisa semakin bagus," tandasnya. (agp/udi)



Jumat, 13 Des 2019

Skadron 32 Lanud Abd Saleh

Loading...