DPD KNPI Kabupaten Malang Droping Air Bersih | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 05 Okt 2019, dibaca : 231 , udi, ira

MALANG – Kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang mendapat perhatian dari banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga lembaga swasta, dan organisasi masyarakat. Salah satunya kepedulian itu ditunjukkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Malang. Pada Jumat (4/10), organisasi kepemudaan ini mendistribusikan air di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
”Desa Sindurejo ini salah satu yang terkena bencana kekeringan. Di desa ini banyak sumber air yang tidak mengeluarkan air selama musim kemarau. Sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih. Disinilah kami kemudian berempati, dengan memberikan bantuan air bersih kepada warga,’’ kata Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Malang, Ahmad Faiz Wildan.
Wildan mengatakan, Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan bukanlah satu-satunya desa yang mendapatkan bantuan air bersih. Tapi ada beberapa desa lainnya. ”Kami sudah memiliki list. Tapi ya itu, karena jumlah armada yang terbatas, maka bantuan air dilakukan secara bertahap,’’ tambahnya.
Di Desa Sindurejo, DPD KNPI Kabupaten Malang memberikan bantuan sekitar 15.000 liter air. Karenanya kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat. ”Sebelumnya kami sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa. Sehingga begitu bantuan air datang, warga pun sudah menunggu,’’ ungkapnya.
Pendistribusian air berlangsung lancar. Warga yang sudah membawa tempat berupa jurigen, bak atau galon air mineral telah berbaris dengan rapi menunggu tangki yang membawa bantuan air datang. Mereka langsung berpindah dari barisan setelah, tempat menampung air dari tangki telah diisi.
”Kebetulan di tempat kami melakukan droping air tidak ada hydrant (tandon). Sehingga distribusi air dilakukan secara manual. Warga dilayani satu persatu,’’ urai pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang ini.
Bantuan air ke daerah yang terkena bencana kekeringan bukan kali pertama dilakukan DPD KNPI Kabupaten Malang. Setiap tahun, organisasi kepemudaan ini selalu ikut berpartisipasi. ”Karena di Kabupaten Malang bencana kekeringan terjadi rutin setiap tahun. Setiap terjadi bencana kekeringan, kami selalu ikut membantu, menyediakan air bersih untuk warga,’’ tambah Wildan.
Dia sangat puas, karena sejauh ini bantuan distribusi air betul-betul membantu masyarakat. Terutama mereka yang hidup di daerah bencana kekeringan.”Kegiatan ini merupakan bakti sosial kami kepada masyarakat. Harapannya, masalah kekeringan dapat cepat teratasi. Sekalipun  penyebab bencana kekeringan adalah faktor alam, dia berharap pemerintah segera mendapatkan solusi menyelesaikan,’’ tuturnya. (ira/udi)



Jumat, 13 Des 2019

Skadron 32 Lanud Abd Saleh

Loading...