Dosen dan Mahasiswa Unikama Songsong PKM 2020 | Malang POST

Jumat, 28 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Dosen dan Mahasiswa Unikama Songsong PKM 2020

Selasa, 10 Des 2019,

MALANG - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan sosialisasi dan klinis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), tahun 2019.  Acara digelar, Senin, (9/12), di  Auditorium dan diikuti oleh 170 perserta terdiri dari dosen pendamping dan mahasiswa dari 17 program studi.

Wakil Rektor III Unikama, Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum., membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan berharap mahasiswa menjadi  semakin bersemangat dalam mengikuti PKM yang akan datang. Hadir juga dalam acara, Wakil Rektor I Unikama Dr. Sudi Dul Aji, M.Si.

"Kami berharap dengan agenda sosialisasi ini dapat menumbuhkan semangat mahasiswa untuk tampil terbaik di ajang PKM tahun depan," ucap Joice, saat sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Ayu Asmah, M. Pd., mengatakan, sosialisasi dan klinis PKM digelar untuk menstimulus sekaligus memberikan bimbingan secara langsung terhadap proposal PKM yang dibuat oleh mahasiswa. Sehingga setelah mendapat arahan dan bimbingan, proposal yang telah dibuat menjadi proposal PKM yang berkualitas. "Sosialisasi PKM ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan memacu semangat mahasiswa Unikama lolos pendanaan PKM 2020," ujarnya.

Tahun sebebelumnya dari Unikama ada empat proposal yang lolos dari 29 proposal yang diajukan. Untuk tahun ini, Unikama menargetkan minimal dua PKM yang bisa lolos ke Pimnas. Maka dari itu, Ayu berharap mahasiswa bisa lebih bersemangat dan serius dengan memunculkan ide-iede kreatif.

“Peluang terbesar sebenarnya dengan membuat produk dan juga aplikasi,” tandasnya.

Hadir sebagai Narasumber pada sosialisasi tersebut Dr. Widyo Winarso, M.Pd., selaku Sekretaris LLDIKTI Jatim. Ia memberikan materi mengenai teori dan pedoman PKM 2020. Dan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA., selaku reviewer nasional memberikan pendampingan klinis dalam membuat proposal.

Ayu mengungkapkan, bahwa di PKM 2020 Unikama berada di klaster IV, yang meliputi empat bidang. Yaitu PKM-P di Bidang Penelitian, PKM-M di Bidang Pengabdian Masyarakat, PKM-T di Bidang Penerapan Teknologi, PKM-GT di Bidang Gagasan Tertulis serta PKM-AI di Bidang Penulisan Artikel Ilmiah.

Menurutnya, cara untuk lolos lebih mudah mahasiswa perlu mengamati permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Permasalahan tersebut dihubungkan dengan sesuatu yang sedang booming. Kemudian mereka melakukan riset dan memunculkan inovasi yang belum pernah ada.

Ia menegaskan persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah administratif.

"Karena administrasi itu penting dan sangat menentukan. Meskipun idenya bagus tapi mengabaikan administrasi maka tidak akan lolos," terang Ayu. 

Sementara itu, Dr. Widyo Winarso, M. Pd dalam materinya menyampaikan bahwa yang paling utama dalam PKM mahasiswa memiliki motivasi. Dengan motivasi yang kuat maka tidak akan mudah menyerah meskipun mengalami kendala. “Kalau dari awal sudah tidak ada motivasi maka tidak akan maksimal,” katanya.

Menurutnya, PKM memberikan banyak warna dalam proses berkembangnya potensi seseorang. Di dalam PKM hard skill dan soft skill mahasiswa akan terasah. Dengan belajar kerja sama yang bagus dalam tim dan membangun komunikasi yang baik.

“Karena ke depannya seseorang tidak hanya diperhitungkan hard skillnya saja tetapi juga soft skill,” terangnya. (imm/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...