Dorong Tingkatkan Kesejahteraan Linmas | Malang Post

Kamis, 12 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Rabu, 11 Sep 2019, dibaca : 759 , vandri, kris

BATU - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemkot Batu memikirkan kesejahteraan anggota Linmas. Sebab Linmas garda terdepan di masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
"Peran Linmas tidak boleh disepelekan. Karena Linmas sangat penting di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah harus bisa memikirkan kesejahteraan mereka," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Drs. Nugroho.
Ia mengatakan hal itu saat memberikan sambutan bimbingan teknis (bimtek) anggota Linmas dalam membantu penanggulangan bencana di Hotel Orchid, Kota Batu, Rabu (11/9).
Dengan peranan penting di lingkungan tingkat RT itulah, ia berharap pemda bisa meningkatkan kesejahteraan anggota Linmas. Itu sebagai apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan.
Wali Kota Batu, Dra.  Dewanti Rumpoko M.Si mengatakan sejauh ini Pemkot Batu sudah memberikan kesejahteraan bagi Linmas. Meskipun belum bisa memberi gaji, pihkanya terus berupaya maksimal dengan memberikan insentif bulanan dan uang saku setiap ada kegiatan.
"Kesejahteraan Linmas di Kota Batu sudah ada. Mereka mendapat insentif Rp 150 ribu dan uang saku Rp 50 ribu setiap ikut kegiatan," bebernya.
Orang nomor satu di Pemkot Batu ini meminta pemerintah desa ikut memikirkan nasib anggota Linmas. Salah satunya dengan menganggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).
"Kami harap mereka ikut memikirkan kesejahteraan Linmas. Itu agar setiap anggota Limnas yang bertugas punya semangat. Apalagi mereka memiliki peran strategis dan memiliki tanggung jawab besar," urainya.
Ia menambahkan, jika APBD Kota Batu meningkat, Bude, sapaan akrabnya berjanji memberikan tambahan insentif agar Linmas semakin sejahtera.  
Dalam bimtek yang rencananya berlangsung selama tiga hari itu, anggota Linmas  diajarkan cara menanggulangi berbagai jenis bencana. Minimal langkah pertama yang harus dilakukan saat terjadi bencana. (eri/van)  



Loading...