MalangPost - Dorong IKM Pasarkan Produk ke Toko Modern

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Dorong IKM Pasarkan Produk ke Toko Modern

Rabu, 05 Feb 2020, Dibaca : 9900 Kali

MALANG - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang memberikan pembinaan terhadap 100 pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM), Rabu (5/1). Dalam pelatihan yang digelar di Hotel Sahid Montana 2 Kota  Malang itu, mereka diberi pembinaan untuk menyiapkan produknya bisa masuk toko modern.
Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kota Malang, Sapto Wibowo mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan agar produk IKM bisa masuk ke toko modern. "Kami akan memberikan penjelasan terkait persyaratan untuk masalah kesehatan dan lainnya," terang dia.
Sapto menjelaskan, produk IKM ini tidak hanya hasil produk makanan jadi saja. Namun, ada makanan fresh yang disajikan untuk masyarakat, "Tidak hanya makanan frozen saja, namun juga makanan fresh. Seperti buah-buahan siap saji akan dihadirkan," papar dia.
Pembinaan tersebut dilakukan sesuai dengan program kerja (proker) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. "Nanti akan terus kami monitoring juga. Sehingga, usaha yang ada bisa membuka jejaring untuk memperluas pasar dan juga usahanya," lanjut dia.
Pihaknya akan mengarahkan anggota IKM untuk menjual barangnya di toko modern. "Harapan kami, untuk awalan setidaknya ada 15 persen yang masuk ke toko modern," pungkas dia.
Sementara itu, Merchandising Area Manager Indomaret Grup, Kresna Atmadja memberikan penjelasan teknis bagaimana IKM bisa berkolaborasi dengan toko modern. "Sejauh ini sudah banyak produk IKM yang dijual di toko kami," kata dia.
Pihaknya juga mendukung program yang telah dibuat untuk mendukung pelaku IKM untuk berinovasi, tidak hanya makanan ringan saja. "Namun, bisa nasi bungkus dan jajanan pasar. Itu berasal dari teman-teman IKM juga," tandas dia.(tea/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Amanda Egatya