Malang Post - Donor Darah di SMPN 15 Malang Diserbu Warga

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Donor Darah di SMPN 15 Malang Diserbu Warga

Jumat, 28 Feb 2020

MALANG – Kepedulian terhadap sesama dilakukan SMPN 15 Malang. Dalam  kegiatan HUT ke-34 menggelar donor darah  beberapa waktu lalu. Kegiatan yang  digelar di aula sekolah itu dihadiri ratusan masyarakat yang antusias mendonorkan darahnya.
Waka Humas SMPN 15 Malang Dra. Puji Sumartini mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian sekolah terhadap sesama yang membutuhkan bantuan transfusi darah. Secara kelembagaan SMPN 15 mengundang guru dan siswa dari sekolah sekitar dengan surat pemberitahuan dan poster.
"Kami menyebar poster di empat titik, yaitu di TK Dharma Wanita, SDN Bandulan 4, SDN Pisang Candi 2, dan Permata Jingga Global School. Kami juga melibatkan alumni dan komite," kata Puji Sumartini kepada Malang Post.
Puji menjelaskan, kegiatan donor darah mengandung pelajaran bagi siswa. Terutama sebagai tambahan wawasan ilmu pengetahuan bagi siswa di kelas inspirasi.  Kelas inspirasi biasanya digelar saat program Jumat Smile, salah satu program pembinaan karakter di SMPN 15. Saat digelar program ini, sekolah mendatangkan tokoh atau narasumber yang inspiratif, baik dari lembaga, instansi atau seorang profesional yang dapat membagikan banyak ilmu pada siswa. "Kami undang biasanya dari instansi, alumni atau orang tua siswa yang inspiratif," ujar Puji.  
Demikian juga dalam kegiatan donor darah kali ini, SMPN 15 bekerjasama dengan PMI Kota Malang. Sebelum donor darah dilaksanakan, ada sesi presentasi dari petugas PMI yang menjelaskan tentang manfaat dan tata cara donor darah. Termasuk syarat dan ketentuan yang harus ada pada seseorang sebelum mendonorkan darahnya.
"Sebab tidak semua bisa donor, harus dicek lebih dulu tensi maupun trombositnya. Dan ini menjadi tambahan pengetahuan bagi siswa-siswi kami di kelas inspirasi," terangnya.
Kegiatan donor darah kali pertama diselenggarakan SMPN 15. Melihat respon  masyarakat yang antusias, rencananya kegiatan sosial ini akan dijadikan kegiatan rutin setiap HUT SMPN 15. "Untuk sementara kita gelar di aula dulu. Karena salah satu syarat donor darah itu harus steril. Karena rentan terhadap bakteri, jadi perlu kami siapkan lebih dulu," tuturnya. (imm/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi

  Berita Lainnya





Loading...