Ditahan Kasus Dana Desa, Kades Terpilih Tetap Dilantik | Malang Post

Minggu, 15 Desember 2019 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 26 Agu 2019, dibaca : 1006 , udi, ira

MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang akan melantik seluruh Kepala Desa (Kades) terpilih pada Kamis (29/8). Tidak terkecuali dua kades terpilih yang saat ini menjalani masa tahanan, juga akan dilantik. Hal tersebut dikatakan Plt Bupati Malang H M Sanusi, ditemui seusai mengukuhkan 16 anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Malang di Pendopo Kabupaten Malang, Senin (26/8).
Sanusi mengatakan, jika seluruh kades terpilih akan dilantik. "Yang saat ini ditahan, kami sedang mengajukan surat ke Kajari untuk dihadirkan guna pelantikan. Tapi ya itu, kami belum tahu apakah disetujui atau tidak," katanya.
Dia mengatakan, surat tersebut diajukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang. Menurut Sanusi, proses pelantikan kades terpilih yang sedang ditahan Kejaksaan tidak berbeda dengan pelantikan kades terpilih lainnya. Selain mereka diambil sumpahnya, juga menandatangani SK. "Setelah dilantik, yang ditahan dikembalikan ke Kejaksaan. Sampai dengan vonis dijatuhkan, dan mereka dinyatakan terbukti bersalah, dan incrath maka kemudian diberhentikan," tambahnya.
Sementara untuk kades terpilih lainnya yang tidak bermasalah dengan hokum, kata Sanusi, akan melaksanakan tugasnya. "Untuk yang tidak bermasalah dengan hukum, kami berharap langsung bekerja dan memberikan pelayanan," urainya.
Agar mereka lancar dalam memberikan pelayanan, setelah dilantik, para Kades terpilih akan mengikuti diklat lebih dahulu. Seiring dengan banyaknya kades yang berperkara dengan hukum, Sanusi berharap itu tidak terjadi lagi. Dia ingin pemerintah desa dibawah kepemimpinan kades terpilih betul-betul dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Malang membenarkan jika dua kades terpilih yang saat ini ditahan ikut dilantik. Namun, Suwadji belum dapat memastikan, apakah keduanya dapat dihadirkan dalam pelantikan 29 Agustus mendatang. "Beberapa waktu lalu kami memang sudah menanyakan secara lisan ke Kajari tentang pinjam tahanan untuk dilantik. Beliau menyetujui, dan meminta kami membuat surat. Surat pun sudah kami kirimkan, dan belum mendapatkan balasan sampai dengan saat ini," urainya.
Dua kades terpilih yang saat ini ditahan masing-masing adalah Mujiono Kades terpilih Desa Druju, Sumbermanjing Wetan dan Paimin, Kades terpilih Desa Tlogosari.
Seperti Sanusi, Suwadji mengatakan, setelah pelantikan berlangsung, kades terpilih agar langsung bekerja memberikan pelayanan. "Pelantikan digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Para kades terpilih ini dilantik oleh Plt Bupati Malang," tuturnya. (ira/udi)



Minggu, 15 Des 2019

Jangkauan Pembeli Lebih Luas

Loading...