MalangPost - Disdikbud Kota Malang Klaim PPDB Lancar

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Disdikbud Kota Malang Klaim PPDB Lancar

Rabu, 03 Jun 2020, Dibaca : 2268 Kali

MALANG - Disdikbud  Kota Malang berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya ke jenjang SD dan SMP Negeri. Pendaftaran jalur ini juga telah melalui uji coba dan berjalan lancar namun pada saat pelaksanaan terdapat kendala seperti tidak dapat mengakses maupun kesulitan upload dokumen.

    Baca juga : PPDB Zonasi Kacau, Ratusan Warga Ngluruk Dikbud


Sekretaris Disdikbud Kota Malang, Totok Kasianto, menegaskan saat pelaksanaan awalnya lancar. Namun nyatanya saat pelaksanaan warga menyampaikan kadang tidak dapat upload dokumen. Untuk itu, kepala sekolah harus membantu masyarakat yang belum bisa mendaftar secara online.
"Semua sekolah SD dan SMP negeri harus membantu masyarakat, Dinas pendidikan dan Kebudayaan sudah menginstruksikan kepala sekolah harus memberikan pelayanan optimal ke masyarakat," jelas Totok.

  Baca juga : Janjinya Lancar, Nyatanya Error


Ia melanjutkan bahwa PPDB jalur zonasi hari kedua trennya cukup bagus sebab mengalami peningkatan jumlah pendaftar cukup signifikan. Hingga Rabu (3/6) sekitar pukul 09.50 WIB terdapat 4.750 pendaftar dan pendaftar hari pertama sebanyak 1.952 siswa.


Untuk itu Disdikbud Kota Malang berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses berjalannya PPDB jalur zonasi 2020. Ia berharap sampai akhir pendaftaran tetap bisa lancar tanpa kendala.
"Kami akan terus ikuti perkembangan di layanan online ini dan pendaftaran online ini berlangsung selama 24 jam," terangnya.


Untuk diketahui warga, daya tampung siswa di jalur zonasi sebanyak 3.208 siswa atau 50 persen secara keseluruhan yang akan tersebar di 30 SMPN Kota Malang. Sedangkan total daya tampung jenjang SD negeri sebanyak 6.852 siswa yang tersebar ke 195 sekolah di lima kecamatan.


Dari keseluruhan pendaftar tersebut siswa yang domisilinya di luar daerah atau perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang namun sekolahnya di Kota Malang maka bisa mendaftar jalur zonasi. Lantaran domisilinya tidak di Kota Malang maka pihak sekolah perlu membantu input NIK secara manual. (imm/ica/lin/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Redaksi