Disdik Prioritas Anggaran untuk Dikdas - Malang Post

Sabtu, 23 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Senin, 14 Okt 2019, dibaca : 222 , rosida, asa

MALANG - Plafon anggaran sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang tahun 2020 meningkat dibanding tahun sebelumnya menjadi Rp 234, 7 miliar. Nominal total anggaran untuk Disdik tersebut terbanyak ketiga setelah Dinas Kesehatan sebesar Rp 235 miliar dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PERKIM) yang mencapai Rp 554, 954 miliar.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Dra. Zubaidah, M.M ketika dikonfirmasi terkait dengan plafon anggaran tahun depan tersebut membenarkan adanya peningkatan total anggaran dibanding dengan tahun sebelumnya. "Iya (naik), tapi tidak hafal," katanya.
Perlu diketahui, bahwa pendidikan masuk dalam aspek utama prioritas belanja daerah untuk Kota Malang pada tahun 2020. Poin pertama Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sendiri menyebutkan bahwa 'menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, dan layanan dasar lainnya bagi semua warga”.
Anggaran Disdik Kota Malang utamanya mengalir pada Program Pembinaan Pendidikan Dasar yang besarannya mencapai Rp 205 miliar. Total anggaran tersebut digunakan sebagai Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk sekolah dasar hingga menengah yang jumlahnya hampir mencapai 500 sekolah.
Namun selain untuk biaya operasional, besaran biaya tersebut juga diperuntukkan bagi peningkatan mutu pendidikan inklusif hingga bantuan sarana sekolah bagi siswa pra sejahtera. (asa/oci)



Loading...