MalangPost - Dirjenpas Reynhard Puji Layanan LP Lowokwaru

Rabu, 05 Agustus 2020

  Mengikuti :

Dirjenpas Reynhard Puji Layanan LP Lowokwaru

Rabu, 08 Jul 2020, Dibaca : 2205 Kali

MALANG - Sebagai persiapan new normal life, Dirjenpas Kemenkum HAM RI, Irjen Pol Reynhard Silitonga, mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan(LP) Kelas I Lowokwaru Kota Malang, Selasa (7/7/2020). Kunjungannya ini untuk memastikan kesiapan LP Lowokwaru dalam memberikan layanan dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Begitu tiba di LP Lowokwaru, Reynhard langsung melakukan inspeksi ke ruangan maupun tempat pelayanan. Mulai dari layanan drive thru, layanan kunjungan, hingga ruang-ruang pemberdayaan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) tak luput dari pantauannya.

“Saya kira layanan di LP Malang sudah siap, penataannya sudah bagus. LP Kelas 1 Malang ini patut dicontoh oleh teman-teman LP lain," kata Reynhard Silitonga kepada para wartawan.

 

Budidaya jamurnya, lanjut Reynhard, juga bagus. Minimal bisa buat pembelajaran para narapidana (napi) agar kelak nanti bisa buat bekal mereka di masa yang akan datang.

Selain peninjauan terkait fasilitas maupun sarana pemberdayaan para WBP, kegiatan inspeksi itu juga memantau terkait kesiapan fasilitas kunjungan di LP Lowokwaru menyambut new normal. “Kami cek semua,  bagiamana kesiapannya tulis apa adanya. Kalau dirasa bagus tulislah bagus,” ujar Reynhard, jenderal kelahiran Medan dengan bahasa candanya yang khas logat Sumatera.

 

Menurut Reynhard, dia sudah mengunjungi beberapa LP terkait kesiapan new normal life dan masih dilakukan evaluasi. “Setelah evaluasi menyeluruh barulah kami ambil kesimpulan. Tahap-tahap ini masih evaluasi di beberapa LP," jelasnya..

Pada kesempatan itu pula, Reynhard juga meresmikan Pos Terpadu Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Menurut dia, dengan pos ini, sinergi dan kolaborasi aparat penegak hukum harus semakin baik. Karena pemberantasan peredaran gelap narkotika menjadi prioritasnya.

Dalam kunjungannya kemarin, Reynhard didampingi Staf Khusus Menkum HAM Ian Siagian dan para direktur di Ditjen Pemasyarakatan. Selain itu, ia didampingi Kakanwil Krismono dan Kalapas Malang Agung Krisna, Sekda Kota Malang, Kapolresta dan Dandim Kota Malang.

 

Kapalas Kelas I Lowokwaru Malang, Anak Agung Gede Krisna berujar, gembira dan berucap syukurkarena kunjungan Dirjenpas berjalan lancar. Semua evaluasi dari Dirjenpas siap dia laksanakan demi kebaikan bersama.

Menurut Anak Agung, program budidaya jamur, pembinaan kepribadian semacam pesantren, kegiatan sekolah paket A, B, dan C, dan juga layanan waltersupas/video call akan terus dia kembangka. “Terutama tentang protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 juga tetap kami lakukan secara disiplin,” jelasnya.

Selain melakukan kunjungan ke LP Lowokwaru, Dirjenpas Reynhard Silitonga juga melakukan kunjungan ke sarana asimilasi dan edukasi milik LP Lowokwaru Malang yang ada di Ngajum, Kabupaten Malang. Kemarin Reynhard juga melakukan kunjunganya ke Lembaga Pemasyarakatan Wanita (LPW) di Sukun, Kota Malang.(roz/jof)

Editor : Redaksi
Penulis : Jofan