Dinas PU SDA Segera Perbaiki Plengsengan Ambrol | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 27 Jan 2020,

MALANG – Rusaknya beberapa plengsengan akibat banjir bandang di Desa Bulurejo, Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang direspon Pemerintah Kabupaten Malang. Tidak sekadar melakukan pendataan, Pemkab Malang melalui Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) juga berjanji siap menangani segera kerusakan tersebut.
Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang, Ir Avicenna Medisica Saniputera mengatakan, jika setelah kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan penanganan dengan mengecek aliran Kali Loh. Baik di Desa Petungsewu, maupun di Selorejo.
“Dari laporan, ada tiga plengsengan di kawasan dam ambrol. Saat ini sedang kami hitung untuk kerugiannya, kemudian kami akan usulkan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk pembenahan,’’ ungkapnya.

   Baca juga : Dorong Desa Membentuk BUMDes


Kendati tidak menangani sendiri, Avicenna memastikan pembenagan itu tidak akan lama. Avicenna menyebutkan untuk anggaran bantuan, dicover oleh BPBD Kabupaten Malang melalui APBD. “Ini kan bencana. Maka bantuannya pun bersumber dari BPBD. Sedangkan kami hanya menyediakan data saja,’’ tambahnya.
Tapi, jika BPBD membutuhkan bronjong untuk menguatkan plengsengan, pihak Dinas PU SDA siap menyediakan. “Ya, untuk penanganan bencana seperti ini kami harus bersama-sama. Harapannya dampak dari bencana banjir bandang cepat terselesaikan, dan masyarakat merasa aman dan nyaman,’’ urainya.
Sementara untuk kegiatan lain, Dinas PU SDA terus melakukan normalisasi sungai atau kali loh. Sedimen yang turun di kali tersebut diangkat. “Dari atas kan banjir banjang membawa material lumpur, kayu dan lainnya. Lumpur yang mengendap di kali mengakibatkan terjadinya pendangkalan. Jika dibiarkan, kami khawatir banjir bandang kembali terjadi dan air meluber lagi ke jalan,’’ katanya.
Berapa lama normalisasi dilakukan? Avicenna mengatakan paling lama empat hari. Sehari hari kedua pasca banjir, salah satu eskavator milik Dinas PU SDA langsung dikerahkan, melakukan normalisasi di aliran kali tersebut. “Menurut petugas yang ada disana sudah hampir selesai. Ya harapannya semuanya lancar, dan tidak ada kendala apapun,’’ tandasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, banjir bandang melanda Dusun Bulurejo, Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat (24/1). Enam motor hanyut dalam kejadian tersebut. Selain itu banjir bandang ini juga merusak tiga titik plengsengan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, dua orang pengendara motor yang hanyut mengalami luka ringan dan sempat menjalani perawatan di Puskesmas Dau. (ira/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Ira Ravika



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...